• English
  • Bahasa Indonesia

Ingin Terlibat Aktif Jadi Penyelenggara Pemilu 2024, Totok Apresiasi Minat Mahasiswa UGM

Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat menjadi narasumber forum 'Town Hall Meeting' di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Rabu (8/3/2023)/ foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Yogyakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengapresiasi minat peserta 'Town Hall Meeting' mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengaku ingin berpartisipasi aktif menjadi penyelenggara Pemilu 2024. Dia menyebut minat mahasiswa itu merupakan spirit ilmu dan amal, sebagaimana orasi Bung Karno saat menerima gelar doktor honoris causa dari UGM tahun 1951 silam.

"Buatlah ilmu berdwitunggal dengan amal, angkat derajat kemahasiswaanmu itu kepada derajat mahasiswa patriot, yang sekarang mencari ilmu, untuk kemudian beramal terus menerus di hadirat wajah ibu pertiwi," ucapnya dalam forum 'Town Hall Meeting' di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Rabu (8/3/2023).

"Ilmu yang diterima kawan-kawan (mahasiswa) diaktualisasikan lewat relawan pemilu. Itu dahsyat," imbuh Totok.

Dia menegaskan hal ini sejalan dengan prinsip Bawaslu yang mengedepankan pengawasan partisipatif. Bagi Totok, pengawasan partisipatif ini berbasis gotong royong sehingga Bawaslu lebih mengutamakan pencegahan dibanding penindakan.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Hukum ini menuturkan konsep gotong royong ini meniscayakan Bawaslu melihat parpol bukan lawan, bukan peserta yang dicari kesalahananya akan tetapi para negarawan yang sedang berkompetisi untuk jadi negarawan terbaik. Maka dari itu perlu pendampingan dan dialog yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Kita 'welcome', silakan mahasiswa berbondong-bondong menjadi pemantau atau menjadi Pengawas TPS untuk melakukan kritik serta mengkritisi penyelenggara atau peserta pemilu jika melanggar peraturan perundang undangan," kata Totok.

Sebelumnya pada forum ini panitia dari UGM memberikan mini survey kepada seribuan peserta terkait partisipasi generasi muda dalam Pemilu 2024, hasilnya sekitar 73 persen mengaku ingin terlibat aktif menjadi penyelenggara Pemilu 2024.

Editor: Robi
Fotografer: Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu