• English
  • Bahasa Indonesia

Hadiri Pelantikan Empat PKD Ende Tengah, Herwyn Minta Bekerja dengan Etika Moral

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menghadiri pelantikan empat anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD atau Pengawas Pemilu Lapangan/PPL) di Kecamatan Ende Tengah, NTT, Sabtu (1/6/2024).

Ende, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Menghadiri pelantikan empat anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD atau Pengawas Pemilu Lapangan/PPL) di Kecamatan Ende Tengah, Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta pengawas pemilu bekerja dengan etika moral. Dia berharap pengawas pemilu yang akan melaksanakan pengawasan Pilkada 2024 ini bekerja dengan menjaga integritas, profesional, dan responsif dalam mengatasi permasalahan.

Herwyn mengingatkan pengawas pemilu siap untuk tidak disukai. "Karena pada dasarnya orang tak mau dan tidak ingin diawasi. Bisa saja berhadapan dengan kerabat yang nelanggar dalam pemilihan' sehingga menjadi tak disukai. Karena itu, bekerja dengan menjaga integritas, moralitas, dan profesionalisme sesuai makna Pancasila, "tuturnya saat menghadiri pelantikan empat PKD Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/6/2024).

Dia meminta PKD sebagai bagian pengawas pemilu bisa mengawasi dengan luber jurdil (langsung, umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil) dan etika moral yang mengajarkan bagaimana demokrasi untuk mengikuti proses. Untuk itu dia menegaskan, perlu memahami regulasi dalam upaya menjadi ' problem solving' (penyelesaian masalah).

"Kita mencoba meminjam 'tagline' Penggantian yaitu menyelesaikan masalah tanpa masalah. Kita menyelesaikan sesuai dengan ketentuan (regulasi), " jelas dia.

Untuk itu, dia meminta pengawas pemilu dapat responsif dalam menghadapi permasalahan. "Jangan menunda kalau ada masalah. Kita harapkan pilkada berlangsung beradab sesuai ketentuan regulasi dengan mengedepankan etika moral dan semangat persatuan

Dia mengingatkan, tugas pengawas pemilu menjaga keadilan rakyat untuk memilih dan dipilih. "Esensi demokrasi ada pada sila keempat, sehingga kita berusaha bekerja dengan hikmat kebijaksanaan dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat, " imbuhnya.

"Selamat kepada Bapak/Ibu yang baru dilantik dan menjadi bagian Bawaslu.. Jaga kepercayaan tugas ini dengan integritas dan profesionalitas ddngan meningkatkan kapasitas serta memperluas komunikasi. Juga responsif sebagai pengawas pemilu, " sebut doktor ilmu lingkungan hidup dengan disertasi mengenai 'green election' ini.

Editor: Reyn Gloria
Foto: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu