• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Hadiri Sidang Pendahuluan Gugatan Pilpres 2019 di MK

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu, Fritz Edward Siregar (jas warna coklat) saat menghadiri sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Mahakamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat, 14 Juni 2019/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Hukum Bawaslu Fritz Edward Siregar menghadiri sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tahun 2019 yang diajukan kubu pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Sidang gugatan pemilihan presiden (pilpres) ini digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019).

Fritz hadir mengikuti jalannya sidang didampingi oleh Kepala Bagian Hukum Bawaslu Agung BGB Indraatmaja dan Kepala Bagian Temuan Laporan Pelanggaran (TLP) Bawaslu Yusti Erlina.

Baca juga: Bawaslu Serahkan Keterangan Tertulis PHPU Pilpres ke MK

Sidang pendahuluan PHPU Nomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019 ini dipimpin langsung oleh Ketua MK Anwar Usman. Ada delapan hakim konstitusi yang mendampingi Anwar.

Saat membuka persidangan, Anwar menyatakan independensi MK sebagai lembaga tinggi negara."Kami tidak tunduk pada siapapun dan tidak takut kepada siapapun. Dan kami tidak dapat diintervensi oleh siapapun. Kami hanya tunduk pada konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang sesuai konstitusi, sesuai dengan sumpah kami," tegasnya.

Baca juga: Bawaslu Periksa Saksi Pemindahan Rapat Pleno PPK Tuminting di Kota Manado

Dalam persidangan kali ini, kedudukan Bawaslu hanya pemberi keterangan. Penyerahan keterangan telah diserahkan ke MK secara tertulis pada Rabu (12/6/2019). Ketua Bawaslu Abhan menyerahkan langsung 12 rangkap dokumen keterangan dengan tebal 151 halaman.

Bawaslu juga menyertai keterangan dengan 134 alat bukti terkait dengan hasil pengawasan dan hal-hal lain yang telah dilakukan Bawaslu.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu