• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Ajak Mahasiswa Terlibat Jadi Penyelenggara Pemilu

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Rahmat Bagja dalam diskusi daring yang digelar Universitas Muhamadiyah Palangkaraya dengan tema Strategi Efektif dan Kesiapan Penyelenggara Pengawasan Pemilu Serentak 2024, Senin, (6/12/2021)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu
 Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengajak para mahasiswa dan kalangan akademisi Universitas Muhamadiyah Palangkaraya untuk menjadi bagian dari penyelenggara pemilu. 
 
“Masuklah ke penyelenggara pemilu, karena tugasnya sangat menantang. Anda akan merasakan kerja-kerja penyelenggara pemilu,” katanya dalam diskusi daring yang digelar Universitas Muhamadiyah Palangkaraya dengan tema Strategi Efektif dan Kesiapan Penyelenggara Pengawasan Pemilu Serentak 2024, Senin, (6/12/2021). 
 
 
Dikatakan Bagja, sebagai penyelenggara pemilu membutuhkan kesabaran ekstra. Terlebih para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang harus memastikan logistik di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah tersedia. Pengawas ad hoc juga harus siap di setiap TPS. 
 
“Indonesia negara kepulauan. Jarak antar kecamatan sangat jauh. Bahkan ada yang membutuhkan waktu dua hari dari kota untuk sampai ke TPS. Sehingga rentan terjadi masalah. Sehingga kerja penyelenggara pemilu tidak mudah,” ungkapnya. 
 
 
Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa ini menuturkan, Bawaslu telah merancang strategi pengawasan yang berbeda, terhadap daerah yang terdapat kendala geografis maupun kesulitan akses jaringan teknologi informasi. 
 
“Maka Bawaslu mendorong pembangunan jaringan infrastruktur internet di daerah yang selama ini menjadi kendala guna mendukung digitalisasi pemilu,” tuturnya. 
 
Editor: Jaa Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu