• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Kembali Dorong Bawaslu Daerah Dokumentasi Kegiatan

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Mochammad M Afifuddin meminta Bawaslu daerah memiliki karya dalam evaluasi dan pengawasan pemilihan umum tahun 2019 saat bertemu jajaran Bawaslu Lampung, Minggu 23 Juni 2019/Foto: Robi Ardianto

Lampung, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mendorong Bawaslu daerah memiliki karya dari hasil laporan dan dokumentasi dari setiap kejadian. Dokumentasi yang dimaksud berasal dari laporan proses pencegahan, pengawasan, sidang administrasi, dan kegiatan lain mulai tingkat kabupaten/kota dan dikoordinir melalui Bawaslu provinsi.

Saat menjadi pembicara dalam acara Evaluasi dan Penyusunan Laporan Hasil Akhir Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019 di Provinsi Lampung, Minggu (23/6/2019) malam, Afif—sapaan akrabnya—mengungkapkan, penting bagi seluruh elemen pengawasan melakukan pendokumentasian yang baik dalam setiap kejadian yang sekiranya perlu diketahui publik.

Baca juga: Silaturahmi Penyelenggara Pemilu, Afif Bandingkan Pemilu di Afganistan

Menurutnya, pendokumentasian tersebut penting salah satunya guna membantu masyarakat mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh Bawaslu baik tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Pendokumentasian yang baik, tambahnya, juga amat membantu dalam sidang-sidang yang melibatkan Bawaslu, misalnya sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).
 

"(Saat sidang) kami (Bawaslu) tinggal membuka kembali dokumen yang dimaksud," aku Afif.

Baca juga: Afif Minta Bawaslu Daerah Dokumentasikan Hasil Kerja Pengawasan

Selain itu, dia meyakinkan, setiap laporan yang dibuat bisa menjadi karya yang dapat membantu orang lain. "Orang akan banyak belajar dari apa yang kita tuliskan," katanya.

Afif menjabarkan, dalam karya yang didokumentasikan tersebut, sama saja mengabadikan apa saja yang telah kita lakukan sepanjang pengawasan yang telah dilakukan.

"Daya ingat kita sebagai manusia terbatas. Maka, sejatinya, membuat laporan adalah menulis keabadian. Membuat laporan adalah kerja-kerja keabadian," terangnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu