• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Minta Seluruh Jajaran Pengawas Pemilu Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Ketua Bawaslu Abhan saat mengikuti upacara upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari ruangan video conference Bawaslu, Selasa, 1 Juni 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan meminta jajaran Bawaslu seluruh Indonesia harus mengamalkan nilai-nilai yang tercantum dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari maupun saat menjalankan tugas-tugas mengawasi pesta demokrasi.

"Semangat hari lahir pancasila harus dijadikan momentum oleh jajaran Bawaslu. Kita kawal nilai-nilai luhur pancasila," ujarnya usai mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari ruangan video conference Bawaslu, Selasa, (1/6/2021).

Menurutnya selama ini jajaran Bawaslu sudah mengamalkan pancasila. Hal tersebut, lanjut dia, dibuktikan dengan mengambil keputusan se adil-adilnya kepada peserta pemilu dalam setiap gelaran pesta demokrasi. "Kita kawal demokrasi Indonesia yang berazaskan ideoligi Pancasila," tuturnya.

Dalam upacara peringatan ini, Abhan mengenakan pakaian Teluk Belanga, yakni pakaian adat rumpun Melayu asal Kepulauan Riau. Komponen dari pakaian adat ini yaitu baju dan juga celana yang panjang. Aksesoris pendukung lainnya yaitu pemakaian kain jenis sarung yang diikat di bagian kaki dengan panjang hingga lutut seorang lutut laki-laki.

"Saya menggunakan pakaian ini sebagai simbol bahwa seluruh masyarakat Indonesia memiliki hak yang sama. Termasuk saya yg berasal dari Jawa berhak menggunakan pakaian adat dari daerah lain," terangnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu