• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Harap Pusdatin Miliki Satu Sistem Induk Integrasikan Seluruh Data di Bawaslu

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan sambutan dalam Rapat Kordinasi Data dan Informasi Bawaslu dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Jumat 29 Oktober 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Setelah meraih anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021, Ketua Bawaslu Abhan melihat Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Bawaslu bisa membuat terobosan yang lebih baik lagi. Dia menjelaskan Bawaslu dapat memiliki satu sistem induk yang mengintegrasikan seluruh data antardivisi.

Menurutnya hal ini dirasa perlu dan tidak hanya menguntungkan pihak internal namun juga eksternal (publik). Kemudahan mengakses dalam satu sistem induk dirasa Abhan mempermudah akses publik dalam memperoleh data dari Bawaslu.

"Sebenarnya tujuan utama Pusdatin itu mensinergikan seluruh data yang ada di Bawaslu, menyatukan agar menjadi satu data induk dengan satu sistem login akses," katanya dalam Rapat Kordinasi Data dan Informasi Bawaslu dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Hal yang sama pun disampaikan oleh Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar. Dia melihat Bawaslu harus memiliki terobosan tersebut salah satu caranya membuat antardivisi bisa saling mengelaborasi sistem yang sudah ada."Harus ada kolaborasi kita berharap nanti akan ada satu login untuk seluruh divisi dan bisa terintegrasi sekarang kita sedang berusaha mengsinkronisasinya," terang Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu tersebut.

Sedangkan Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin berharap hal senada. Menurutnya, Pusdatin bisa mengelola seluruh data di Bawaslu dengan baik. Dia berharap, sistem informasi di Bawaslu harus bisa menjembatani setiap divisi dalam penyaluran data.

"Perlu kita pikirkan bagaimana antar-kita bisa mudah mengakses. Ini jadi tantangan kita bisa mengelola data masuk dan keluar dengan lebih baik," ucap Afif.

Selain pimpinan Bawaslu acara ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Lita Gustina, Kepala Biro Hukum dan Humas Agung Indratmaja, dan Inspektur Wilayah II Rini Wartini serta seluruh Kordiv dan Kepala Bagian yang membidangi Data dan Informasi Bawaslu Provinsi di seluruh Indonesia.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu