• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Tindaklanjuti Empat Laporan Dugaan Pemilu, Sidang Pemeriksaan Digelar Besok

Sidang putusan pendahuluan Bawaslu yang menindaklanjuti empat dugaan pelanggaran administrasi/Foto Nurisman
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam sidang pendahuluan yabg digelar hari ini, Senin (27/5/2019), Bawaslu menetapkan empat laporan dugaan pelanggaran administrasi memenuhi syarat formil dan materiil. Karenanya, sidang lanjutan pemeriksaan digelar Selasa (28/5/2019), pukul 09.00 WIB.
 
Ketua Bawaslu Abhan menyatakan empat laporan tersebut akan ditindaklanjuti. Dia pun meminta pihak pelapor diharapkan mempersiapkan segala kelengkapan berkas laporan, termasuk untuk memperkuat laporan yang telah disampaikan sebelumnya.
 
"Besok agenda pembacaan pokok-pokok laporan dan mendengarkan tanggapan dari pelapor. Sekaligus mohon menyiapkan alat bukti maupun alat bukti tambahan," ungkap Abhan pada akhir sidang.
 
 
Adapun laporan pertama yang diputuskan diterima dan ditindaklanjuti adalah laporan nomor 12/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan pelapor Zalfu Alsidi dan terlapor PPK Kecamatan Bumiayu dan PPK Kecamatan Tonjong, Brebes. Selanjutnya, laporan yang teregister dengan nomor 13/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 atas pelapor Harli dan terlapor yakni 30 PPK di Kalimantan Barat.
 
Bawaslu pun menyatakan menerima dan akan menindaklanjuti dugaan pelanggaran lewat bukti-bukti. Laporan ketiga yang diterima dan akan ditindaklanjuti adalah 21/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan pelapor Wisnu Ardiyanyo yang melaporkan KPU Provinsi Sumtra Selatan dan KPU Kabupaten Empat Lawang ke Bawaslu.
 
Laporan terakhir yang ditetapkan akan ditindaklanjuti adalah laporan nomor 24/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan pelapor Jarsey Roba yang melaporkan adanya dugaan pelanggaran administrasi Pemilu yang dilakukan terlapor yaitu KPU Provinsi Maluku Utara.
 
Editor: Ranap Tumpal HS
 
Berita Lainnya:
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu