• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Nilai Mediasi Untungkan Bawaslu Tanpa Ketentuan Ketat Layaknya Litigasi

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja berfoto bersama dengan peserta Pelatihan Dasar Mediator bagi Bawaslu dan Bawaslu Provinsi di Jakarta, Selasa 10 Desember 2019/Foto: Rama Agusta

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengungkapkan, kemampuan mediasi yang diberikan kepada jajaran Bawaslu tingkat provinsi dapat menguntungkan karena dapat membantu menyelesaikan sengketa kepemiluan tanpa harus masuk ranah litigasi.

Hal itu disampaikannya saat menutup acara bertema "Pelatihan Dasar Mediator bagi Bawaslu dan Bawaslu Provinsi" di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, penguasaan mediasi bisa menjadi solusi penyelesaian sengketa kepemiluan selain litigasi. Selain itu, dia menegaskan, penyelesaian sengketa melalui jalur mediasi sangat besar manfaatnya karena para pihak dapat mencapai kesepakatan yang mengakhiri persengketaan secara adil dan saling menguntungkan.

"Memiliki kemampuan menjadi seorang mediator itu penting untuk membantu menyelesaikan sengketa tanpa harus masuk ranah litigasi terlebih dahulu," ujar dia.

Oleh karena itu, Bagja yang menjabat Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu berharap, pelatihan mediasi, selain dapat meningkatkan kapasitas Bawaslu untuk menyelesaikan sengketa juga menjadi program wajib Bawaslu di semua tingkatan.

"Saya berharap teman-teman peserta dapat menjadi mediator yang baik. Dan agenda ini dapat berjalan di jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota," harap Bagja.

Sekadar informasi, Bawaslu mengadakan pelatihan dasar Mediator dengan empat tahapan yang pesertanya berasal dari Bawaslu Provinsi.

Sementara itu Kpela Bagian (Kabag) Sengketa Bawaslu Ibrahim Malik Tanjung menjelaskan, pelatihan mediasi ini difasilitasi oleh Pusat Mediasi Nasional (PMN). Di mana teknisnya, PMN menyampaikan materi tertulis dan praktik selama 40 jam. Kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis dan ujian praktik.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu