• English
  • Bahasa Indonesia

Plt Ketua KPU Sebut Ibarat Manusia, Usia 13 Tahun Bawaslu Masuk Akil Balig

Plt Ketua KPU Ilham Saputra saat memberikan sambutan dalam acara peringatan ulang tahun ke-13 Bawaslu Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin 14, Jakkarta Pusat, Jumat 9 April 2021/Foto: Bhakti Satrio (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU Ilham Saputra mengibaratkan usia ke-13 Bawaslu seperti manusia yang memasuki akil balig. Hal yang dimaksudkan sesuai KBBI berarti cukup umur untuk membedakan yang baik atau buruk.

"Sama halnya seperti Bawaslu di usia 13 tahun, insya allah akan semakin matang semakin mampu mensinergikan segala kekuatan-kekuatan di negeri kita ini untuk membantu mengawasi proses pemilihan umum," kata Ilham dalam sambutannya saat perayaan Hut ke-13 Bawaslu di Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin 14, Jakkarta Pusat, Jumat (9/4/2021).

Dia juga berharap Bawaslu semakin kuat dalam mengawasi proses pemilu dan demokrasi.  Pasalnya, kata dia, pemilu merupakan bagian yang paling besar dalam seluruh proses demokrasi.

"Sehingga tagline Bawaslu. Bawaslu mengawasi, Bawaslu untuk demokrasi saya kira tepat," kata dia.

Selain itu, dia berharap sinergi antara Bawaslu, KPU, dan DKPP harus diperkuat dengan melakukan pertemuan atau berdiskusi mengenai kendala pemilu.

"Sinergi itu tidak harus dibangun dengan pertemuan-pertemuan formal, tetapi justru malah persoalan-persoalan itu bisa diselesaikan dengan pertemuan pertemuan informal," ujarnya.

Perayaan hari kelahiran (harlah) Bawaslu dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro, Ketua Bawaslu Abhan, Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dan Ratna Dewi Pettalolo. Hadir juga Ketua DKPP Muhammad, Anggota KPU Viryan Aziz bersama Hasyim Ashari, perwakilan Kemendagri, dan hadir secara daring Bawaslu provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu