• English
  • Bahasa Indonesia

Pengawasan Partisipatif, Abhan: Kesuksesan Pemilu Bukan Monopoli Penyelenggara

Ketua Bawaslu Abhan menyampaikan arahannya terkait pengawasan pemilu partisipatif di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Rabu 2 Juni 2021/Foto: Yohanes (Humas Bawaslu Kalteng)
Palangka Raya, Badan Pengawas Pemilih Umum –Ketua Bawaslu Abhan menyatakan untuk mendorong pengawasan partisipatif terus dilakukan Bawaslu harus aktif dalam memberikan pendidikan. Salah satunya, jelas dia, dengan ikut menjadi bagian dari Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP). 
 
“Kesuksesan penyelenggaraan pemilu atau pemilihan tidak hanya untuk monopoli atau otoritas  penyelenggara saja tapi banyak pihak yang berperan besar salah satunya adalah masyarakat itu sendiri,” ungkap Abhan saat menyampaikan arahannya di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Rabu (2/6/2021).
 
Menurutnya dalam pemilihan kerap kali Bawaslu menemukan adanya beberapa pelanggaran seperti persoalan politik uang, politik transaksional, ujaran kebecian, hoax dan banyak lainnya, tidak hanya dengan pendekatan formal legalistik. Melainkan, tambahnya, pendekatan kultural sehingga bentuk-bentuk partisipasi masyarakat yang di butuhkan.
 
Abhan pun meminta baik dari pihak Organisasi Masyarakat (Ormas) hingga media massa yang juga hadir dapat terus bersama-sama membantu meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu/pemilihan 2024 dengan tahapan yang akan berjalan pada tahun 2022 nanti.
 
Senada dengan itu, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi berharap agar Ormas dan media massa dapat menyosialisasikan kepada masyarakat agar dapat bergabung melakukan pengawasan partisipatif pada tahapan pemilu/pemilihan 2024.
 
Penulis : Danny (Humas Bawaslu Kalteng)
Editor : Reyn Gloria
 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu