• English
  • Bahasa Indonesia

HUT ke-13 Bawaslu, DKPP Harap Bisa Membumikan Etika Penyelenggara Pemilu

Ketua DKPP Muhammad saat memberikan kata sambutan dalam acara peringatan HUT ke-13 Bawaslu di Lantai 5 Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat 9 April 2021/Foto: Bhakti Satrio (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad menyampaikan ucapan selamatnya atas bertambahnya usia Bawaslu. Sebagai rekan penyelenggara pemilu, dirinya melihat Bawaslu sudah semakin luar biasa dan dewasa dalam perjalanannya.

Menurutnya kehadiran DKPP seringkali dipisahkan dari Bawaslu dan KPU, padahal niatan berdirinya DKPP adalah melindungi mitranya sesama penyelenggara. Maka dia meminta ke depannya ketiga penyelenggara Pemilu dapat lebih baik menunaikan fungsinya.

"Kami mengharap Bawaslu KPU bersama DKPP bisa terus membumikan etika penyelenggara Pemilu," tutur Muhammad dalam acara peringatan HUT ke-13 Bawaslu di Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Muhammad percaya tata kelola lembaga sudah baik dilakukan oleh KPU dan Bawaslu hal ini terlihat dari sidang DKPP selama ini. Namun dia berharap alangkah lebih baik jika penyelenggara pemilu dapat lebih mengedepankan profesionalitas dalam bertugas.

"Jadi begini walaupun harus memberikan sanksi misal pemberhentian itu juga dalam rangka menjaga kehormatan KPU dan Bawaslu," jelasnya.

Maka ke depannya, Muhammad berharap tata kelola perilaku penyelenggara pemilu dapat lebih berintegritas saat bertugas. Sehingga dia ingin tugas DKPP menjadi ringan, dan demokrasi di Indonesia bisa semakin bersih dan transparan.

"Semakin jaya Bawaslu, insyaAllah semakin memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya demokrasi di Indonesia," tutunya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu