• English
  • Bahasa Indonesia

Buka SKPP di Bumi Fagogoru, Abhan: SKPP Menciptakan Kader Pengawasan Berdedikasi dan Berintegritas

Ketua Bawaslu Abhan membuka kegiatan SKPP di Bumi Fagogoru, Jumat (9/10/2021). foto: Humas Bawaslu Halmahera Tengah

Halmahera Tengah, Badan Pengawas Pemilihan Umun- Ketua Bawaslu Abhan membuka kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Pemilu (SKPP) di Bumi Fagogoru, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Jumat (10/9/2021). Abhan menyampaikan SKPP didesain guna menciptakan kader pengawasan partisipatif yang berdedikasi, berintegritas dan melakukan pengawasan proses tahapan pemilu atau pilkada bersama Bawaslu.

"Bagi kami partisipasi masyarakat bukan hanya datang ke tempat pemungutan suara untuk memilih, akan tetapi dapat melakukan pengawasan seluruh proses tahapan," kata Abhan saat memberikan sambutan saat pembukaan SKPP di Halmahera Tengah.

Tidak hanya itu, Abhan juga berharap kader SKPP dapat memberikan pendidikan politik di masyarakat. "Harapan kami kepada peserta yang akan mengikuti SKPP ini dapat melakukan pengawasan dan juga memberikan pendidikan politik kepada masyarakat," ujarnya.

Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik dan mengapresiasi program SKPP, karena Bawaslu membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan dampak yang luas bagi masyarakat dan khususnya para milenial yang sementara ini menjadi peserta SKPP," tuturnya.

Dia berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan SKPP sebaik-baiknya. "Pesan saya untuk para peserta agar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin, sebab tidak mudah untuk semua orang dapat memiliki pengetahuan yang kuat tentang bagaimana sistem pemilu dan sistem pengawasan pemilu," harapnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Muksin Amrin menambahkan saat ini masih minimnya tingkat partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Maka, dengan kehadiran SKPP dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan tahapan pemilu dan pilkada.

"Kegiatan ini menjadi sangat penting bagi kami, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai bagian dari kontrol publik terhadap pelaksanaan pemilu yang akan datang," ucapnya.

Sebagai informasi, Bawaslu menggelar SKPP di 100 titik sebagai program nasional. Dalam acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Halmahera Tengah Abdurahim Odeyani, Anggota Bawaslu Provinsi Maluku Utara Masita Nawawi, KIPP Kaka Sumita, Ketua DPRD Halmahera Tengah Sakir Ahmad, Kapolres Halmahera Tengah AKBP Nico Setiawan, dan perwakilan kejaksaan.

Penulis dan foto: Misbah (Humas Bawaslu Halmahera Tengah)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu