• English
  • Bahasa Indonesia

Audiensi dengan Menkominfo, Bawaslu Sampaikan Kesiapan Penanganan Disinformasi untuk Pemilu 2024

Suasana audiensi pimpinan Bawaslu dengan Menkominfo Johnny G Plate di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa 28 Juni 2022/Foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu melakukan audiensi ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dalam rangka menguatkan sinergi kelembagaan. Dalam kesempatan itu, Bawaslu menyampaikan kesiapan penanganan disinformasi pada hajatan Pemilu Serentak dan Pemilihan Tahun 2024, Selasa (28/6/2022).

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja yang didampingi Anggota Bawaslu Puadi diterima langsung oleh Menkominfo Johnny G Plate. Dia mengatakan, sejumlah hal penting seperti refleksi kerja sama, perlunya perubahan Memorandum of Understanding (MoU) Bawaslu-Kominfo, serta tantangan penanganan hoaks dan disinformasi di media sosial.

"Kami (Bawaslu) pada prinsipnya lebih mengutamakan pencegahan dengan menginventarisasi isu-isu disinformasi dan kontra-narasi isu disinformasi," kata Bagja di Kantor Kemkominfo, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Dia mengungkapkan tantangan yang bakal dihadapi Bawaslu, di antaranya maraknya hoaks dan ujaran kebencian. Persoalan lain adalah take down konten yang hanya meredam konten negatif, tidak menghapus hingga akar persoalan.

"Ada juga tantangan ketidakpahaman masyarakat soal kebebasan berbicara kontra ujaran kebencian dan disinformasi," imbuh lelaki kelahiran Medan itu.

Maka dari itu, kata Bagja, diperlukan penguatan literasi digital khusunya terkait kepemiluan dengan berbagai pemangku kepentingan. Bawaslu juga membutuhkan dukungan Kemkominfo untuk penguatan sinergi dengan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok. "Ini penting untuk mencegah terjadinya disinformasi, hoaks, hate speech, rasisme," kata dia.

Selain itu, lanjut Bagja, diperlukan pula pembaruan MoU antara Bawaslu, Kemkominfo, dan lembaga terkait lain. Sebab, kata dia, tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 berjalan beriringan, yang artinya lalu lintas informasi di jagat maya akan lebih padat.

Editor: Deytri
Fotografer: Jaka Fajar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu