• English
  • Bahasa Indonesia

Survei: Publik Yakin Bawaslu Mampu Awasi Pemilu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Kepercayaan publik terhadap kinerja Bawaslu dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2019 masih tinggi. Bawaslu dipercaya mampu mengawasi pemilu secara professional. Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).
 
Berdasarkan survei lembaga itu, 68 responden menyatakan cukup yakin Bawaslu mampu mengawasi pemilu sesuai undang-undang dan aturan yang berlaku. 11 persen respoden bahkan menyatakan sangat yakin. 10 persen menyatakan kurang yakin dengan profesionalitas Bawaslu. Hanya 1 persen responden yang menyatakan tidak yakin sama sekali. Dan 10 persen responden tidak menjawab pertanyaan atau tidak tahu.
 
Survei dilakukan terhadap 1.426 orang responden di seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar ± 2,6 persen.
 
Sebagian besar responden juga menyatakan percaya pada profesionalitas Bawaslu dalam mengawasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. 68 persen responden menyatakan cukup yakin Bawaslu mampu mengawasi pemilu sesuai undang-undang dan aturan yang berlaku. 10 persen responden menyatakan sangat yakin atas profesionalitas Bawaslu. 10 persen responden menjawab kurang yakin. Dan satu persen responden tidak yakin pada profesionalitas pengawas pemilu.
 
Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, kepercayaan publik terhadap Bawaslu dapat menjadi pemicu semangat bagi pihaknya untuk mengawasi pemilu secara professional dan berintegritas. “Tentu ini menjadi catatan kami dan pelecut bagi kami untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja. Terutama menepis soal isu pelabelan (Bawaslu) tidak netral dan sebagainya," ujar Abhan pada konferensi pers dan peluncuan survei oleh SMRC, Minggu (10/3/2017).
 
Deytri R. Aritonang
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu