• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Bawaslu Ingatkan Satu Kesatuan Fungsi Bawaslu, KPU, dan DKPP

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswanto saat memberikan sambutan setelah upacara HUT kemerdekaan ke-74 RI di pelataran kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Sabtu 17 Agustus 2019/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengingatkan Bawaslu, KPU, dan DKPP merupakan satu kesatuan fungsi sebagai penyelenggara pemilu meski DKPP telah resmi menginduk ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak medio Agustus lalu.

Dia menegaskan, secara yuridis memang antara ketiga lembaga tersebut berbeda. Namun secara fungsi, baik Bawaslu, KPU, dan DKPP merupakan satu kesatuan sebagai lembaga penyelenggara pemilu di republik ini.

"Jadi jangan sampai ada pemisahan antara sekretariat DKPP dengan Bawaslu. Secara yuridsi iya, tapi secara fungsional kita adalah satu kesatuan," ungkap Gunawan usai upacara HUT ke-74 RI di Kantor Bawaslu Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: Ingatkan Pesan Bung Hatta, Abhan Minta Pengawas Pemilu Berintegritas dan Profesional 

Terlebih lagi, menurutnya, lokasi kantor DKPP tetap berada di lingkungan kantor Bawaslu di jalan Thamrin Nomor 14 Menteng. Maka dari itu, dia meminta jajaran DKPP-Bawaslu bahu membahu menyukseskan gelaran pemungutan suara.

Adapun penandatanganan berita acara serah terima personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen (P3D) dari Setjen Bawaslu kepada Kemendagri telah dilakukan pada 15 Agustus 2019. Penandatanganan dilakukan oleh Gunawan sendiri.

Baca juga: Jadi Sekretariat Terpisah, Abhan Harap Koordinasi Bawaslu-DKPP Tetap Terjalin

Dalam kesempatan itu juga turut dilakukan pelantikan para pejabat DKPP seperti Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III), dan Pejabat Pengawas (Eselon IV).

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Tuesday, 24 September 2019 WIB
To event remaining 2 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Sunday, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Sunday, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Saturday, 21 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Friday, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu