• English
  • Bahasa Indonesia

Jadi Sekretariat Terpisah, Abhan Harap Koordinasi Bawaslu-DKPP Tetap Terjalin

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III), dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Sekretariat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Ruang Sidang Utama, Gedung A Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis 15 Agustus 2019/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Biro Administrasi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang semula di bawah naungan sekretariat jenderal (setjen) Bawaslu, kini telah berganti menjadi sekretariat tersendiri dan menginduk kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca juga: Laporan Temuan Pelanggaran Harus Munculkan Eksistensi Bawaslu 

Ketua Bawaslu Abhan berharap, walaupun DKPP sudah tidak lagi menginduk dalam setjen Bawaslu, hubungan baik, koordinasi, dan sinergitas yang telah terjalin tetap berlanjut dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun pemilihan umum (pemilu) yang akan datang.

"Walaupun sudah beda kantor, sudah tidak lagi di bawah kesekjenan yang sama, tapi koordinasi dan sinergitas tetap harus terjalin dalam mewujudkan proses demokrasi yang jauh lebih baik lagi,"kata Abhan saat menghadiri pelantikan Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III), dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Sekretariat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Ruang Sidang Utama, Gedung A Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Abhan menilai, kinerja DKPP sudah sangat baik dalam menegakkan kode etik penyelenggara pemilu. Menurutnya, DKPP tidak pandang bulu dalam menangani perkara pelanggaran etik oleh jajaran KPU atau Bawaslu. Karenanya dia meyakini, terbentuknya Sekretariat DKPP bisa menambah semangat baru untuk meningkatkan kinerja lebih baik.

Baca juga: Dewi Minta Laporan Penanganan Pelanggaran Pemilu Bernilai Akademis

Sebelum dilakukan pelantikan pejabat di lingkungan DKPP, Sektetaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro mendatangani berita acara serah terima personel, pendanaan, sarana, dan prasarana serta dokumen (P3D) dari setjen Bawaslu kepada pihak Kemendagri.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu