• English
  • Bahasa Indonesia

Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020, Bagja: Pengawas Itu Juga Mediator

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Rahmat Bagja (kanan) saat memberikan pengarahan dalam Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019 di Kota Padang, Sumatra Barat, Sabtu 29 September 2019/Foto: Andrian Habibi

Padang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Rahmat Bagja mengatakan, setiap pengawas ke depan harus memiliki kompetensi sebagai mediator. Menurutnya, sertifikasi mediator akan membantu Bawaslu tingkat provinsi dalam menyelesaikan sengeketa pemilihan saat penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020.

"Pengawas itu juga mediator," katanya di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Sabtu (28/9/2019).

Baca juga: Bawaslu Ajak KPU Dorong DPR Periode Baru Revisi UU Pilkada

Bagja yang hadir sebagai narasumber Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019 di Padang menuturkan, pendidikan tambahan untuk meningkatkan kompetensi merupakan hal penting. Sehingga, setiap pengawas dan staf harus menyediakan waktu untuk belajar.

"Kerja sama saja dengan perguruan tinggi. Siapkan waktu dan fokus belajar," pintanya.

Selain itu, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini juga mengingatkan Bawaslu tingkat kabupaten/kota dan staf harus bisa menulis dokumen-dokumen hukum. "Harus sering diuji, bagaimana menulis permohonan atau putusan," sebut dosen ilmu hukum di Universitas Al-Azhar Jakarta ini.

Baca juga: Sukses Pemilu 2019, Abhan: Sinergi dan Regulasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Sementara Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen menjanjikan program penguatan sumber daya pengawas pemilu di wilayahnya. Bahkan, Surya mendukung staf dan pengawas Ad hoc yang terus menambah pengetahuan.

"Kita laksanakan arahan pimpinan. Bawaslu Sumbar selalu berusaha memberikan pelatihan-pelatihan kepada staf dan pengawas di daerah," ujar lelaki bergelar Datuak ini.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Andrian Habibi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu