• English
  • Bahasa Indonesia

MK Sanjung Bawaslu Bantu Persidangan PHPU Makin Lancar

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo (tengah baju oranye) mendampingi Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara Hamiruddin Udu (kiri baju putih) dan Anggota Bawaslu Kabupaten Bombana Darma (kanan baju abu-abu) dalam sidang sengheta hasil pileg di Ruang Panel 3 Gedung MK, Senin 29 Juli 2019/Foto: Dinar Safa

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum — Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konsitusi (MK) I Dewa Gede Palguna menyanjung Bawaslu dengan mengucapkan terima kasih. Menurutnya, Bawaslu karena telah membantu MK dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)  untuk pemilihan legislatif (pileg).

“Terima kasih kepada Bawaslu yang telah memberikan keterangan untuk perkara ini,” tutur Palguna dalam sidang sengketa pileg untuk Sulawesi Tenggara di Gedung MK, Senin (29/07/2019).

Baca juga: MK Apresiasi Cara Bawaslu Beri Arahan ke Bawaslu Daerah

Menjelang berakhirnya sidang PHPU pileg, Palguna mengakui, manfaat Bawaslu sangat dirasakan oleh MK karena banyak memberikan kemudahan kepada proses persidangan. “Bawaslu telah membantu Mahkamah untuk membuat persidangan ini semakin lancar. Dan kami mendapatkan tambahan keterangan yang dibutuhkan,” ucapnya di hadapan Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo yang mendampingi Bawaslu Sulawesi Tenggara di Ruang Sidang Panel 3.

Perlu diketahui, selama sidang PHPU untuk pemilihan presiden dan pileg, Bawaslu terus aktif melakukan pendampingan kepada Bawaslu provinsi se-Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan arahan Bawaslu daerah dapat memberikan keterangan dengan baik dan benar kepada hakim MK.

Baca juga: Bawaslu Sanggah Dalil Catatan Pos dalam Penghitungan PSU di Kuala Lumpur

Dalam sidang sengketa hasil di Panel 3 dipimpin oleh Hakim Konstitusi I Dewa Gede Palguna dengan didampingi oleh Hakim Konstitusi Suhartoyo dan Wahiduddin Adams.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu