• English
  • Bahasa Indonesia

MK Minta Bawaslu Awasi Sanding Data di Bekasi dan PSU di Sigi

Ki-kan: Anggota Bawaslu Jabar Yusuf Kurnia, Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen saat mendengarkan putusan PHPU Pileg 2019 di Ruang Sidang MK, Jakarta, Jumat 9 Agustus 2019/Foto: Reyn Gloria

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Jawa Barat (Jabar) Yusuf Kurnia menyatakan kesiapan jajarannya menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam mengawasi penyandingan data formulir C1 dengan formulir model C1-Plano untuk TPS-TPS di Desa Telagamurni, Cikarang Barat, Bekasi.

"Bawaslu akan melakukan pengawasan. Kita kerja lagi dan harus siap," tutur Yusuf di Gedung MK, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Baca juga: Sistem Jemput Bola Bawaslu Solok Jalin Keterbukaan Informasi

Putusan sanding data ini disampaikan Ketua MK Anwar Usman saat membaca putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk pemilihan legislatif (pileg) 2019. Yusuf pun menyampaikan penyandingan data tersebut memang perlu dilakukan guna memperoleh hasil pileg yang adil.

"Memang ada kesepakatan sanding data tapi belum selesai ya. Perintah MK meneruskan saja, cuma di Desa Telaga Murni," jelas Koodinator Divisi Hukum Bawaslu Jabar tersebut.

Selain itu, MK juga memerintahkan untuk diadakannya pemungutan suara ulang (PSU) Dapil Sigi 5 di TPS 1 Desa Bolobia, Kinovaro, Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen pun menyampaikan akan segera berkoordinasi dengan Bawaslu pusat dan menyiapkan tim jajaran pengawas langsung dan melekat.

"Kami akan pastikan PSU terlaksana dalam waktu yang ditentukan MK. Kita maksimalkan pencegahan pelanggaran, jika terjadi pelanggaran maka ditindak secara tegas dan adil," ujar Ruslan.

Baca juga: Hitung Ulang di Aceh, Bawaslu Susun Pengawasan Secara Transparan

Untuk diketahui, KPU harus melakukan PSU pada TPS 1 Desa Bolobia untuk DPRD kabupaten di Daerah Pemilihan Sigi 5. Dalam putusan MK, pelaksanaan PSU ini harus dilakukan selambat-lambatnya 14 hari kerja setelah putusan diucapkan.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 17 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Friday, 14 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Thursday, 13 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Wednesday, 12 June 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Tuesday, 11 June 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text