• English
  • Bahasa Indonesia

Dewi Minta Laporan Penanganan Pelanggaran Pemilu Bernilai Akademis

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi pembicara dalam Rapat Lanjutan Penyusunan Laporan Akhir Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019 di Bogor Jawa Barat, Rabu 14 Agustus 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo meminta penulisan laporan akhir penanganan pelanggaran Pemilu 2019 harus bernilai akademis. Produk laporan ini menurutnya tak hanya bersifat informatif, tapi harus bisa menjadi rujukan ilmiah.

"Jadi informasinya bukan hanya sekadar penyajian data-data tapi bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat," pintanya dalam Rapat Lanjutan Penyusunan Laporan Akhir Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019 di Bogor Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Bawaslu Daerah Diminta Jaga Kepercayaan Publik Lewat Laporan Pengawasan 

Dengan demikian, lanjutnya, produk laporan akhir bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat baik akademisi, penggiat pemilu, maupun aktivis sebagai rujukan pembuatan penelitian, kajian atau bahan akademis.

Pengajar Hukum Tata Negara di Universitas Tadulako ini menyebut, Bawaslu di masa depan akan didesain sebagai lembaga yang bisa menjadi pusat penelitian. "Jadi produknya harus bersifat informatif tapi bernilai akademis," tandas perempuan yang biasa disapa Dewi tersebut.

Baca juga: Afif: Pengalaman di Daerah Jadi Kekayaan Khazanah Laporan Pengawasan

Dia menekankan, laporan ini harus menampilkan keseluruhan proses penanganan pelanggaran dan permasalahannya. Disamping itu, Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota selaku pembuat laporan harus bisa memberikan solusi sehingga laporan bisa dimanfaatkan publik.

"Oleh karena itu kita akan fokus pada penanganan pidana pemilu dan administrasi," tutup Dewi.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Jaa Rizka Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu