• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Wajibkan Semua Divisi Lakukan Pencegahan

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi narasumber dalam Kegiatan Pembukaan Rapat Kerja Teknis Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2019 dan Persiapan Sengketa Pilkada Tahun 2020 Gelombang Ke III di Bengal, Bengkulu Selasa, 2 Desember 2019/Foto: Nurisman

Bengkulu, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengharapkan, seluruh peserta rapat kerja teknis (rakernis) menyampaikan semua hasil evaluasi sengketa Pemilu 2019 lalu. Evaluasi tersebut menurutnya bakal dijadikan masukan dan catatan pencegqhan hingga penyelesaian sengketa Pilkada Serentak 2020.

"Ke depan pencegahan akan dilakukan pada semua divisi. Diperlukan persiapan dari bagian sengketa dan penindakan dalam melakukan pencegahan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini, " tuturnya saat menjadi pembicara dalam Kegiatan Pembukaan Rapat Kerja Teknis Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2019 dan Persiapan Sengketa Pilkada Tahun 2020 Gelombang Ke III di Bengal, Bengkulu Selasa, (2/12/2019).

Selain itu Bagja menambahkan, perlu pelatihan bagi Bawaslu Kabupaten/Kota untuk bisa melakukan penyelesaian sengketa secara cepat. Baginya bentuk pelatihan tersebut melingkupi pelatihan mediasi dan ajudikasi. "Serta harus lebih diperhatikan pengadministrasiannya lebih detail dengan disertai berita acara pada setiap penindakanya. Hal tersebut juga berlaku untuk penanganan pelanggaran administrasi cepat," jelas dia.

"Akhir Maret tahun 2020 batas akhir kita untuk pelatihan dan 'upgrade' ketrampilan penyelesaian sengketa pemilu. Setelah itu, kita sudah akan berperang dengan tahapan sengketa yang sebenarnya, " tutup Bagja.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu