• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Komitmen Bersama Tuntaskan Pertanggungjawaban Pemilu

Ketua Bawaslu Abhan dalam menutup acara Rekonsiliasi Data Keuangan dan Verifikasi Pertanggungjawaban Keuangan Panwaslu Luar Negeri Tahun Anggaran 2019 di Bali, Sabtu 20 Juli 2019/Foto: Nurisman

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, tahapan akhir pemilu harus diselesaikan dengan baik dan benar. Dia meyakini, kelembagaan panitia pengawas pemilu (panwaslu) Luar Negeri (LN) tinggal menyelesaikan pertanggungjawaban keuangan.

"Apresiasi publik terhadap kinerja harus diikuti dengan pertanggungjawaban yang baik dan benar," sebutnya dalam acara Rekonsiliasi Data Keuangan dan Verifikasi Pertanggungjawaban Keuangan Panwaslu Luar Negeri Tahun Anggaran 2019 di Bali, Sabtu (20/7/2019).

Baca juga: Abhan Beberkan Beda Kewenangan Bawaslu dalam Pemilu dan Pilkada Abhan Beberkan Beda Kewenangan Bawaslu dalam Pemilu dan Pilkada 

Abhan menambahkan, anggaran pengawasan Pemilu 2019 merupakan bentuk kepercayaan Negara kepada Bawaslu, sehingga wajib menjawab kepercayaan Negara melalui pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan terbaik. "Tidak serupiah pun yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Dengan pertanggungjawaban yang baik, Abhan mengharapkan tata kelola keuangan lebih baik lagi. Dia mengajak Kepala Sekretariat dan staf pengelola keuangan panwaslu LN turut berkomitmen menyelesaikan pertanggungjawaban. Karena itu, Abhan meminta dukungan Kepala Sekretariat dan staf pengelola keuangan untuk menghadapi audit Badan Pemeriksa Keuangan untuk tahun buku 2019.

"Bawaslu sudah mendapatkan WTP empat kali berturut-turut, tahun ini tekad kami mendapatkan WTP kelima. Komitmen bersama untuk mendapatkan opini WTP di tahun anggran 2019," ujarnya.

Dirinya bercerita, Bawaslu tak akan mendapatkan WTP dari BPK tanpa kerja sama pengawas, baik dalam dan luar negeri. Demi meraih WTP kelima tersebut, Abhan meminta pentanggungjawaban tata kelola keuangan diselesaikan bersama-sama. "Tanggung jawab ini dipikul bersama. Kita akan mendapatkan kembali WTP," yakin Abhan.

Baca juga: Abhan: Pengawasan Baik, Pengelolaan Keuangan Tak Boleh Ada Masalah 

Selain itu, Kepala Biro Administrasi Bawaslu Adhi Santoso melaporkan dalam kegiatan ini, dari 35 perwakilan, 33 perwakilan Panwaslu LN sudah menyelesaikan verifikasi pertanggungjawaban keuangan untuk Pemilu 2019.

"Tujuan kegiatan ini adalah terselesaikannya temuan BPK dan tertata anggaran pemilu di Luar Negeri," tukas Adhi.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu