• English
  • Bahasa Indonesia

Sinergi Gakkumdu, Dewi: Kita Siapkan Formula Penegakan Pidana Pemilu

Koordinator Nasional Senttra Gakkumdu Ratna Dewi Pettalolo saat memberikan pengarahan dalam Rapat Evaluasi Pemilu 2019 Sentra Gakkumdu dan Persiapan Pilkada 2020 di Jambi, Senin (9/9/2019) malam/Foto: Nurisman

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, ada beberapa catatan penting dalam penegakan hukum pidana dalam Pemilu 2019. Menurutnya, Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) harus bersinergi agar mengoptimalkan kinerja dalam menjaga keadilan pemilu.

"Sentra Gakkumdu ini ada ketika pemilu tahun 2009 yang ditandai dengan MoU bersama antara Bawaslu, Kejaksaan Agung dan Polri.  Sejak saat itu penegakan tindakan pidana pemilu dimula dari sebuah tim terpadu dengan nama Gakkumdu," ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Evaluasi Pemilu 2019 Sentra Gakkumdu dan Persiapan Pilkada 2020 di Jambi, Senin (9/9/2019) malam.

Baca juga: Afif Ingin Sosialisasi Pilkada 2020 Sesuai Kearifan Lokal

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu ini menjelaskan, data tindak pidana sepanjang penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu, Provinsi Sulawesi Selatan memiliki putusan inkracht (berkekuatan hukum tetap) terbanyak dengan 40 putusan. Diikuti provinsi lainnya, yakni Sulawesi Tengah dengan 24 putusan, Maluku Utara dan NTB masing-masing 21 putusan. Sementara untuk Pulau Sumatra, Provinsi Sumatra Barat memiliki putusan inkracht terbanyak, yaitu 17 putusan, diikuti Riau dengan 16 putusan, Sumatra Utara dengan 15 putusan, dan Jambi sendiri bersama Sumatra Selatan dan Lampung ada 1 putusan.

“Semua ada ukurannya, banyaknya putusan pidana yang inkracht bukanlah tolak ukur keberhasilan dalam penegakan tindak pidana pemilu. Jadi, tidak mesti daerah dengan putusan inkrcaht yang sedikit dikatakan gagal dan daerah yang putusannya banyak adalah baik,” jelasnya.

Baca juga: Abhan Ingatkan PNS Siap Layani Publik Dimana Saja

“Melalui rapat evaluasi ini kita siapkan formula dan capaian yang baik dalam penegakan hukum pidana pemilu ini, " tambah perempuan yang menjabat Koordinator Nasional Sentra Gakkumdu tersebut.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu