• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Minta Pertanggungjawaban Laporan Keuangan Pengawasan di Luar Negeri

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat memberikan sambutan dalam acara Rekonsiliasi Data Keuangan dan Verifikasi Pertanggungjawaban Keuangan Panwaslu Luar Negeri Tahun Anggaran 2019 di Bali, Kamis 18 Juli 2019/Foto: Nurisman

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengatakan, tujuan rekonsiliasi data keuangan dan verifikasi pertanggungjawaban keuangan pengawas luar negeri agar tata kelola keuangan baik dan benar. "Saya selalu mengatakan di mana pun harus baik dan benar. Karena baik dan benar itu bernilai sempurna," sebutnya di Bali, Kamis (18/7/2019).

Oleh sebab itu, Gunawan meminta jajaran Bawaslu dan Panwaslu Luar Negeri (LN) bekerjasama dalam tata kelola anggaran pemilu. Dia pun memerintahkan bagian Keuangan dan Pengawasan Internal Bawaslu melakukan pendampingan proses rekonsiliasi data dan verifikasi keuangan Panwaslu LN.

"Keuangan dan Pemeriksa Intrenal langsung mengawal pengelolaan keuangan panwas luar negeri," pintanya.

Baca juga: Reformasi Birokrasi, Bawaslu Sediakan Aplikasi ‘Helpdesk’ Keuangan

Selain itu, Gunawan mengharapkan Pengawassan Internal Bawaslu mandampingi perbaikan tata kelola dan pertanggungjawaban keuangan Panwaslu LN. Apalagi, menurutnya ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kurs.

Dia menjelaskan, tugas bagian Keuangan dan Pengawasan Internal Bawaslu melakukan diskusi dengan Kepala Sekretariat dan Staf Tata Kelola Keuangan guna mencari solusi tersebut. "Kemarin ada temuan BPK terkait selisih kurs," akunya.

Gunawan memberi tahu, masa kerja Panwaslu LN telah berakhir sejak 30 Juni 2019. Hanya saja, lanjutnya, Kepala Sekretariat dan Staf Keuangan Panwaslu LN tetap bekerja. Salah satu kerja utama dalam mempertanggungjawabkan keuangan Pemilu 2019 untuk luar negeri.

Baca juga: Pakar Hukum Dorong Bawaslu Ajukan ‘Judicial Review’ UU Pilkada

"Panwas LN sudah dibubarkan 30 Juni 2019, bertepatan dengan ulang tahun saya. Namun, sekretariat tetap bekerja untuk melaporan pertanggungjawaban," imbuhnya.

Namun, secara umum, dirinya menilai pelaksanaan pengawasan pemilu di luar negeri berjalan baik. Kepala Sekretariat dan Staf Pengelola Keuangan dia akui sudah berhasil menyukseskan program-program pengawasan pemilu.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu