• English
  • Bahasa Indonesia

Sebelas Tahun Bawaslu, Abhan: Momentum Luber Jurdilkan Pemilu 2019

 

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Hari ini tepat Bawaslu berusia sebelas tahun yang menjalankan peran sebagai lembaga pengawal proses demokrasi Indonesia. Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, ulang tahun Bawaslu harus dijadikan momentum untuk menyukseskan Pemilu 2019.

“Jarak waktu hari berdirinya Bawaslu ke hari pemungutan suara cuma delapan hari. Bawaslu harus berupaya mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil,” kata Abhan saat menyampaikan sambutannya acara Tasyakuran dan Doa Bersama Sebelas Tahun Bawaslu Mengawasi, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Abhan menambahkan, 11 tahun Bawaslu mengawal proses demokrasi di Indonesia tidak luput dari dukungan atau dorongan dari pihak terkait, baik stakeholders atau masyarakat secara umum. “Saya rasa Bawaslu tidak sanggup jika hanya bertugas seorang diri. Dan selama ini Bawaslu terus menggandeng pihak-pihak terkait untuk membantu dan bersama-sama mengawal proses Pilkada maupun Pemilu,” jelas Abhan.

Dalam kesempatan ini, Abhan juga meyakini Indonesia sanggup menyampaikan ke publik internasional keunggulan proses demokrasi di Indonesia. Keunggulan tersebut dengan berbasiskan karakter sejati anak bangsa yang beradab, cinta perdamaian, menjunjung tinggi semangat kekeluargaan, dan saling menghargai setiap perbedaan antar suku, agama, ras dan golongan.

Abhan juga mengajak semua pihak untuk menjadikan Pemilu 2019 sebagai momentum pendidikan politik yang baik bagi masyarakat. Sebab, kata dia, pemilu bukan hanya kontestasi politik sirkulasi elit semata. Lebih dari itu, pemilu merupakan dialektika yamg menempatkan anak bangsa sebagai subyek dalam ruang pemaknaan demokrasi yang nyata dan kontekstual.

Selain Ketua Bawaslu Abhan, turut hadir dalam HUT Bawaslu ke-11 Tahun, seluruh Anggota Bawaslu RI, Ketua dan Anggota KPU RI, Kepala Kantor Staf Presiden, Anggota DKPP, Ketua KIP, perwakilan dari Polri dan TNI, serta pemantau Pemilu.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu