• English
  • Bahasa Indonesia

Persiapan PHPU di MK, Bawaslu Supervisi ke Jateng

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) saat mendatangi kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) didampingi Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subhi (kemeja biru), Sabtu, 15 Juni 2019/Foto: Dinar Safa

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Dalam persiapan Bawaslu memberikan persiapan keterangan jawaban tertulis dalam sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Konstitusi (MK), Ketua Bawaslu Abhan melakukan supervisi ke kanotr Bawaslu Jawa Tengah (Jateng) di Semarang.

Perlu diketahui Jateng dipilih karena merupakan provinsi dengan jumlah laporan pelanggaran pemilu terbanyak. “Bawaslu melakukan supervisi ke Jateng terkait PHPU di MK. Nantinya berkas keterangan tertulis akan dihimpun oleh Bawaslu RI, baru kemudian diserahkan ke MK,” kata Abhan.

Dia menjelaskan, rencananya Selasa (18/6/2019) sebelum sidang di MK, Bawaslu akan memberikan keterangan tambahan dalam pokok laporan PHPU. “Keterangan tersebut terdiri dari empat hal. Yang pertama hasil pengawasan, yang kedua tindak lanjut temuan dan laporan, yang ketiga kerkait dengan pokok-pokok yang disebut oleh pemohon dalam permohonnanya, kemudian yang keempat terkait dengan berapa jumlah pelanggaran dan jenis-jenis pelanggaran itu,” jelas Abhan.

Baca juga: Kedudukan Bawaslu Dalam PHPU di MK Sebagai Pemberi Keterangan

Sejauh ini, Bawaslu sudah menyerahkan keterangan tertulis terkait PHPU Pilpres, Rabu (12/6/2019) lalu. Abhan menyerahkan langsung 12 rangkap dokumen keterangan dengan tebal 151 halaman disertai dengan 134 alat bukti terkait hasil pengawasan dan hal-hal lain yang telah dilakukan Bawaslu.

Pada Selasa depan (18/6/2019), Bawaslu akan menyerahkan berkas jawaban keterangan tertulis baru terkait dalil perbaikan yang diajukan kubu pasangan calon (Paslon) nomor urut 02. Sedangkan untuk jawaban keterangan tertulis kasus PHPU Pileg akan diserahkan nanti pada Juli mendatang.

Editor: Ranap Tumpal Hs

Fotografer: Dinar Safa

Berita Lainnya:

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu