• English
  • Bahasa Indonesia

Peran Pengawasan Mutlak, Bawaslu Kabupaten/Kota Tak Perlu Ragu Awasi Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi narasumber dalam Konsolidasi Penguatan Integritas Pengawas Pemilu dalam Penanganan Pelanggaran di Sumatra Selatan, Senin 2 Desember 2019/Foto: Irwan

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo meminta Bawaslu tingkat Kabupaten/ Kota untuk tidak ragu dalam mengawasi hajatan Pilkada Serentak 2020. Dia berjanji bakal terus mengawal serta menguatkan eksistensi Bawaslu Kabupaten/Kota tersebut.

"Teman-teman (Bawaslu di) kabupaten/kota tak perlu ragu, tak perlu bimbang, tak perlu galau dalam mengawasi Pilkada 2020," katanya dalam Konsolidasi Penguatan Integritas Pengawas Pemilu dalam Penanganan Pelanggaran di Sumatra Selatan, Senin (2/12/2019).

Dewi menyatakan, eksistensi Bawaslu Kabupaten/Kota jelas dan tetap. Lembaga yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi termasuk menangani pelanggaran dan sengketa untuk Pilkada 2020 dia tegaskan adalah Bawaslu Kabupaten/Kota.

"Tidak perlu ada keraguan. Kita sudah akan mulai bekerja sudah mulai tahapan dan persiapkan diri masing-masing untuk menghadapi Pilkada 2020," ucapnya.

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Fritz Edward Siregar menambahkan, UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum telah jelas mengatur tugas Bawaslu dan struktur dibawahnya untuk melakukan fungsi pengawasan pilkada dan pemilu.

Dia mengungkapkan, memang sejak Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan Nomor 97 tahun 2013, pilkada bukan bagian dari pemilu. Namun, Fritz menegaskan, Bawaslu tidak kehilangan peran dalam mengawasi hajatan pilkada.

"Jadi harus dilihat konsepnya memang ada perbedaan pemilu dan pilkada sejak Mei 2014 tapi (aturan UU 15/2011) penyelenggaranya tidak pernah diotak-atik," papar Fritz.

"Kita harus lihat, perbedaan tersebut tidak menghilangkan Bawaslu kehilangan peran," pungkasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu