• English
  • Bahasa Indonesia

Peran Besar Panwascam Awasi Pilkada, Abhan: Perlu Proses Rekrutmen yang Baik

Ketua Bawaslu Abhan (tengah) saat memberikan pengarahan sebelum menutup Rapat Koordinasi Persiapan Rekrutmen Panwas Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020, di Sanur, Bali, Selasa 12 November 2019/Foto: Nurisman

Sanur, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) punya peran besar dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada Serentak 2020. Karena itu, menurutnya, harus diawali dari proses rekrutmen yang transparan dan akuntabel. Hal ini bertujuan mendapatkan Panwascam yang baik sekaligus bisa mengemban tanggung jawab pengawasan.

"Panwascam berperan besar dalam pengawasan Pilkada Serentak 2020. Karena itu perlu proses rekrutmen yang baik," katanya saat menutup acara Rapat Koordinasi Persiapan Rekrutmen Panwas Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020, di Sanur, Bali, Selasa (12/11/2019).

Abhan juga berpesan, agar dalam proses rekrutmen Panwascam yang dilakukan jajaran Bawaslu tingkat kabupaten/kota tidak ada unsur main mata, melainkan harus objektif dan jujur.

"Kalau ada Bawaslu kabupaten/kota ada dugaan main mata dalam proses rekrutmen Panwascam, maka tidak ada ampun," tegas Abhan.

Dalam hal itu, dia pun meminta jajaran Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/kota di tengah-tengah proses rekrutmen Panwascam tidak khawatir akan isu dihapusnya sistem pilkada langsung karena dinilai menimbulkan dampak negatif, yakni biaya politik yang tinggi.

Abhan justru berharap, isu tersebut dapat jadi pembuktian Panwascam dalam pengawasan Pilkada Serentak 2020 nanti dapat berjalan dengan baik, terutama dalam menekan praktik politik uang.

"Ini tantangan bagi kita untuk membuktikan bahwa pilkada langsung dapat lebih baik dari pilkada tidak langsung," tegasnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Sunday, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Friday, 25 October 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 22 October 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Wednesday, 30 October 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 29 October 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu