• English
  • Bahasa Indonesia

Jadi Agen Perubahan, Mahasiswa di Kalsel Deklarasi Tolak Politik Uang untuk Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan pengarahan di hadapan ratusan mahasiswa saat acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu 7 Desember 2019

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan menggelorakan semangat ratusan mahasiswa yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk meneriakkan tolak politik uang pada gelaran Pilkada 2020. Dia bahkan menantang keberanian kaum milenial sebagai agen perubahan itu menolak politik uang dan politik transaksional.

"Saya tantang, berani tidak menolak politik uang?" tanya Abhan kepada para mahasiswa dalam acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020 di Banjarmasin, Sabtu (7/12/2019).

"Berani," jawab para mahasiswa dengan kompak.

Abhan menegaskan, mahasiswa harus berani menolak politik uang. Menurutnya, politik uang serta politik transaksional adalah awal mula persoalan korupsi yang tak pernah lekang di negara ini.

Dia meyakini, kepala daerah yang terpilih dari hasil praktik politik uang tidak akan bisa menyejahterakan masyarakat. Pasalnya, kepala daerah terebut hanya akan memikirkan pengembalian modal serta mencari keuntungan sendiri.

Karena itu, Abhan mengajak para mahasiswa menjadi garda terdepan bersama masyarakat menolak praktik-praktik yang bisa mencederai proses demokratisasi bangsa ini.

"Kalau semua kandidat tidak politik uang, masyarakat juga tidak, maka Insya Allah akan terpilih pemimpin yang adil dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," papar mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah tersebut.

Abhan menegaskan, mahasiswa tidak apatis karena masa depan bangsa ini ada di tangan kalangan milenial. Generasi muda baginya harus menjadi pionir dalam semua bidang.

"Bahkan sampai-sampai Presiden Joko Widodo mengangkat stafsus (staf khusus) dari generasi milenial. Itu karena memang masa depan ada di tangan generasi milenial," tutupnya.

Editor: Ranap THS
Foto : Humas Bawaslu Kalimantan Selatan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu