• English
  • Bahasa Indonesia

Ingatkan Pesan Bung Hatta, Abhan Minta Pengawas Pemilu Berintegritas dan Profesional

Ketua Bawaslu Abhan memberikan hormat saat pengibaran bendera Merah Putih dalam upacara HUT kemerdekaan ke-74 RI di halaman Gedung Bawaslu, Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2019/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengingatkan makna penting pesan Proklamator Mohammad Hatta dalam memperingati 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Dia bilang, Bawaslu membutuhkan para pengawas pemilu yang berintegritas dan profesional.

"Izinkan saya mengutip pesan Bung Hatta, kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur, itu sulit diperbaiki," ucapnya dalam amanah upacara HUT RI 74 di Kantor Bawaslu, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: HUT ke 74 RI, Abhan : Pengawasan Pemilu Amanat Luhur Bangsa 

Dalam merenungi pesan para proklamator itu, menurutnya, jajaran Bawaslu harus diisi oleh orang-orang yang jujur, berintegritas, dan profesional dalam perannya memajukan demokrasi Bangsa Indonesia. Dia memandang, apabila sumber daya manusia Bawaslu kurang cerdas, maka harus mau tekun belajar.

Dirinya mengungkapkan, apabila sumber daya manusia Bawaslu kurang cakap maka harus ditingkatkan dalam pengalaman pengawasan pemilu dan penegakkan hukum pemilu. Abhan melanjutkan, apabila sumberdaya manusia Bawaslu kurang jujur, maka akan sulit memperbaikinya bahkan akan merusak demokrasi Bangsa Indonesia.

"Masa depan Bangsa Indonesia akan sangat tergantung SDM Bawaslu yang cerdas, cakap, dan berintegritas," cetus lelaki asal Pekalongan itu.

Abhan juga percaya, sukses pengawasan Pemilu 2019 berasal dari integritas dan profesionalitas Bawaslu selama ini. Namun, dia mengaku bakal terus mengingatkan kualitas SDM Bawaslu ini di masa depan. Terlebih, tahun 2020 akan ada penyelenggaran Pilkada serentak di 270 daerah. "Karakter SDM Bawaslu berintegritas sudah tidak bisa ditawar lagi," tandasnya.

Baca juga: Setahun Bawaslu Kabupaten/Kota, Abhan : Jaga Integritas Penyelenggara Pemilu

"Marilah kita berupaya mengisi kemerdekaan dengan kerja dan prestasi demi kemajuan demokrasi Indonesia," tambah Abhan menutup sambutan.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Tuesday, 24 September 2019 WIB
To event remaining 2 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Sunday, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Sunday, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Saturday, 21 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Friday, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu