• English
  • Bahasa Indonesia

HUT ke 74 RI, Abhan : Pengawasan Pemilu Amanat Luhur Bangsa

Ketua Bawaslu Abhan saat menjadi pembicara upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI ) di Kantor Bawaslu Jakarta, Sabtu 17 Agustus2019/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan menyatakan, tugas pengawasan pemilu merupakan bagian penting dari perjalanan demokrasi bangsa Indonesia. Proklamator Soekarno menurutnya, pernah menyampaikan semangat perlu dibangunnya organisasi untuk memimpin dan mengawasi pemungutan suara pada 1949. Demikian amanah Abhan yang bertindak sebagai pembina upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI ) di Kantor Bawaslu Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: Jadi Sekretariat Terpisah, Abhan Harap Koordinasi Bawaslu-DKPP Tetap Terjalin

Abhan menegaskan, semangat pengawasan pemilu telah ada ketika bangsa ini baru seumur jagung. Namun kehadiran organisasi Bawaslu baru dimulai tahun 2008.

"Saya ingin mengajak kita semua meneguhkan semangat pendiri bangsa Indonesia bahwa pengawasan pemilu merupakan amanat luhur dalam mengawal demokrasi yang maju bagi bangsa Indonesia," cetusnya.

Tak lupa Abhan juga menyampaikan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia telah 74 tahun berdiri sebagai bangsa yang terbebas dari belenggu penjajahan oleh bangsa lain. "Sebagai bangsa yang berhak menentukan nasib sendiri," ujarnya.

Dia menambahkan, Indonesia juga telah merdeka sebagai bangsa yang berupaya berdiri di atas kaki sendiri sebagai bangsa yang berdemokrasi. "Saya ingin mengucapkan dirgahayu kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 1945 kepada seluruh jajaran Bawaslu dan seluruh rakyat Indonesia. Merdeka!," ucapnya lantang.

Baca juga: Setahun Bawaslu Kabupaten/Kota, Abhan : Jaga Integritas Penyelenggara Pemilu

Dalam upacara ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro pun bersama seluruh kepala biro serta jajaran kesekjenan Bawaslu turut mengikuti upacara kemerdekaan dengan khidmat.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Tuesday, 24 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Sunday, 22 September 2019 WIB
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Sunday, 22 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Saturday, 21 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Friday, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu