• English
  • Bahasa Indonesia

Evaluasi Internal Kabupaten/Kota se-Jateng, Abhan Harap Ada Masukan

Ketua Bawaslu Abhan saat berbicara dalam acara Evaluasi Internal Dengan Bawaslu Kabupaten/Kota Seluruh Jateng (Jawa Tengah) di Sukoharjo, Rabu 28 Agustus 2019/Foto: Hendi Purnawan

Sukoharjo, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Tahapan Pemilu 2019 hampir selesai. Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/kota mulai melakukan evaluasi pengawasan Pemilu 2019 dan mempersiapkan diri mengawasi Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Abhan turut menghadiri acara Evaluasi Internal Dengan Bawaslu Kabupaten/Kota Seluruh Jateng (Jawa Tengah) di Sukoharjo, Rabu (28/8/2019). Dia menilai, kegiatan ini sangat baik sebagai bahan evaluasi dan instrospeksi diri terkait kerja pengawasan yang sudah dilakukan saat Pemilu 2019.

Baca juga: Afif: Kerja Sama Kunci Keberhasilan Partisipasi Pemilu 

Dia berharap, hasil evaluasi tersebut ada rumusan-rumusan masukan atau rekomendasi yang tentu akan menjadi pertimbangan Bawaslu pusat. "Mulai dari soal keuangan, pengawasan, tahapan dan lainnya. Silakan jadikan kesimpulan dan rekomendasi untuk kami," ucapnya saat membuka acara.

Dikatakan Abhan, meskipun usia Bawaslu kabupaten/kota baru setahun, tetapi sudah memberikan kontribusi terhadap kehidupan demokrasi di Indonesia. Terutama dalam mengawasi tahapan Pemilu 2019. Baginya, kinerja pengawasan saat pesta demokrasi lima tahunan di seluruh kabupaten/kota maupun provinsi Jateng telah berjalan dengan baik.

Apresiasi pun datang dari berbagai pihak. Abhan menunjuk apresiasi para hakim MK terhadap keterangan yang dibuat Bawaslu dari berbagai daerah.

"Pertahankan kinerja yang sudah baik. Bagi yang masih kurang sebaiknya berupaya meningkatkan kinerjanya," ungkapnya.

Baca juga: Ranah DKPP, Bawaslu Tak Terima Tiga Laporan dari Kepulauan Yapen

Selain itu, Abhan menyoroti permasalahan integritas dan profesionalitas beberapa Bawaslu kabupaten/kota di luar jawa. Bahkan ada juga konflik internal antara sekertariat dengan pimpinan. Padahal, Abhan meyakinkan, keduanya harus saling menopang bersinergi dan tidak bisa dipisahkan dalam melaksanakan kerja-kerja pengawasan.

"Saya berharap kepada semua jajaran untuk terus menjaga integritas agar dipercaya publik dalam pengawasan pilkada 2020," tutupnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu