• English
  • Bahasa Indonesia

Beri Kuliah Umum di Universitas Tadulako, Dewi Paparkan Penegakan Hukum Pemilu 2019

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menyampaikan kuliah umum ratusan mahasiswa hukum Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Senin 16 September 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

Palu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan kuliah umum terhadap ratusan mahasiswa hukum Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah. Dia menyampaikan mengenai penegakan hukum Pemilu 2019 yang telah dilakukan Bawaslu.

Dewi menegaskan, penyelenggaraan pemilu baik dari segi aturan maupun pelaksanaannya berpotensi menciptakan ketidakadilan bagi peserta pemilu maupun warga negara. Maka dari itu, Bawaslu berperan mengontrol KPU.

"Atas kewenangan yang diberikan UU, Bawaslu hadir sebagai penegak keadilan pemilu," tegasnya dalam kuliah umum bertajuk Penegakkan Hukum Pemilu : Sudah Adilkah? (Catatan Pemilu Serentak 2019 untuk Menuju Pilkada Serentak 2020) di Teater Room IT Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Senin (16/9/2019).

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu ini menjelaskan, lembaga pengawas diberikan kewenangan memeriksa administrasi dan pelanggaran pidana. Dewi mengatakan, terhadap kewenangan ini, Bawaslu sudah melakukan proses pemeriksaan untuk beberapa laporan pelanggaran administrasi baik dalam tahapan pencalonan maupun pada tahapan penetapan calon terpilih.

"Kurang lebih sudah ada 16 ribu pelanggaran administrasi yang diproses," ungkapnya.

Dewi memandang, atas produk putusan tersebut, sudah banyak peserta pemilu seperti caleg DPR, DPRD dan DPD yang dipulihkan hak konstitusionalnya. Awalnya, lanjutnya, mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU.

Lalu tidak sedikit pula kasus pidana yang dilakukan peserta pemilu sudah diproses Bawaslu bersama polisi dan jaksa. "Ada 543 pelanggara pidana pemilu yang sudah diproses," pungkasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Rizka Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu