• English
  • Bahasa Indonesia

Penanganan Pelanggaran Pemilihan, Puadi Minta Hukum Acara dan Pembuktian Jadi Pegangan

Anggota Bawaslu Puadi dalam Rapat Kerja Strategis Teknis Penanganan Pelanggaran Pemilihan Tahun 2024 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (30/7/2024).

Palangka Raya, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Puadi menegaskan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah agar menjadikan hukum acara dan pembuktian sebagai pegangan dalam melakukan penanganan dugaan pelanggaran pada Pemilihan Serentak Tahun 2024. Kedua hal tersebut harus didiskusikan secara matang dalam pengambilan putusan terhadap pelanggaran.

“Dalam melalukan penanganan pelanggaran ada dua pegangan yaitu hukum acaranya apa serta pembuktiannya seperti apa. Dua hal ini yang harus didiskusikan bersama untuk lakukan putusan,” tegas Puadi dalam Rapat Kerja Strategis Teknis Penanganan Pelanggaran Pemilihan Tahun 2024 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (30/7/2024).

Dalam agenda penguatan penanganan pelanggaran kepada pengawas pemilihan di Kalimantan Tengah itu dia kembali mengingatkan bahwa Serentak Tahun 2024, dia mengingatkan jajarannya untuk memahami regulasi dalam penegakan hukum itu. Dalam hal ini, tegas dia, terutama pemenuhan syarat formil dan materil.

“Apa sih formil dan materil itu? Buktinya seperti apa? Siapa
yang melaporkan dan dilaporkan? Itu semua harus dipahami dalam penanganan pelanggaran di pemilihan serentak mendatang,” ujar mantan Anggota Bawaslu DKI Jakarta itu.

Pada akhir paparannya, Puadi berharap regulasi mengenai pelaporan pelanggaran harus disosialisasikan ke masyarakat. “Saya berharap regulasi tentang pelaporan ini tersampaikan ke masyarakat agar partisipasi masyarakat pada Pemilihan Serentak 2024 meningkat,” pungkaa Puadi.

Editor : Deytri Aritonang
Penulis/Foto : Jaka Fajar Nugraha

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu