• English
  • Bahasa Indonesia

Supervisi Maraton Bawaslu di Jakarta, Banyak Warga Binaan Lapas Tak Bisa Memilih

Fritz Edward Siregar berbincang dengan pemantau pemilu luar negeri di Lapas Cipinang/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar melakukan supervisi secara maraton pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019. Ada empat wilayah yang dipantau secara langsung, yakni tempat pemungutan suara (TPS) 083 kelurahan Pondok Kelapa, TPS 18 dan 19 yang berlokasi di apartemen Cassablanca, serta di dua lembaga permasyarakatan (Lapas) Rabu (17/4/2019).

Fritz berpandangan, pelaksanaan pemungutan suara di apartemen berpotensi bermasalah bagi para daftar pemilih khusus (DPK). Mereka diberikan hak untuk memilih mulai pukul 12.00 WIB.

“Nanti pemilih DPK di akhir waktu bisa saja membludak. Tapi sejauh yang saya kunjungi tadi pelaksanaannya berjalan lancar, karena tidak mengikuti sampai akhir di satu tempat. Kita bergerak terus," ucapnya di sela-sela kunjungan pengawasan.

Sementara dalam kunjungannya ke Lapas Cipinang dan Lapas khusus perempuan Pondok Bambu  yang keduanya berlokasi di Jakarta Timur, Fritz menemukan, masih ada warga binaan yang tidak bisa memilih. Pasalnya, elektronik KTP (e-KTP) para warga binaan berada di luar daerah serta dokumen A5 tidak diurus.

Selain itu, ada juga warga binaan yang belum memiliki e-Ktp sehingga belum pernah melakukan perekaman sama sekali.

Fritz mengungkapkan, informasi yang dia peroleh, ada sekitar 10 ribu penghuni lapas yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu kali ini. Sehingga, hanya 8 ribu pemilih yang bisa melakukan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Saya rasa ini menjadi perhatian kita bersama antara Dukcapil, Kemenkumham dan KPU. Tapi, data total 18 ribu dengan 10 ribu orang yang tak bisa menggunakan hak pilihnya itu, saya belum mengetahui secara detail apakah itu hanya di Lapas Cipinang saja atau untuk seluruh Lapas yang ada di Jakarta," tutupnya.

Penulis: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu