• English
  • Bahasa Indonesia

Resmikan Kantor Gakkumdu dan Pojok Pengawasan Tanjungpinang, Dewi Harap Lahirkan Keadilan

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menggunting pita dalam meresmikan kantor Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan Pojok Pengawasan Bawaslu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu 4 Maret 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Tanjungpinang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo meresmikan kantor Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan Pojok Pengawasan Bawaslu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (4//3/2020). Dia berharap, adanya kantor Sentra Gakkumdu dapat meningkatkan pola kerja sama tiga instansi (Bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan) dalam menegakkan hukum pidana untuk Pilkada 2020.

“Saya harap dengan adanya kantor Gakkumdu yang baru dapat memotivasi seluruh personil dalam bertugas menegakan hukum pidana pada pilkada sehingga lahir keadilan pemilu,” sambung Dewi.

Untuk pojok pengawasan, lanjutnya, diharapkan mampu menjadi pusat informasi dan komunikasi pengawas pemilu dengan masyarakat secara luas. Pojok pengawasan tersebut baginya harus mampu menjadi media penyambung pengawas dengan masyarakat supaya selalu lahir rasa keakraban dan kebersamaan dalam mengawal dan menyukseskan proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Kepri.

“Pojok pengawasan ini yang nantinya menjadi penyalur informasi dari pengawas dan informasi yang disampaikan masyarakat ke pengawas. Ini yang kita harapkan,” ujarnya.

Dewi menjelaskan, pojok pengawasan Bawaslu Tanjungpinang mempunyai keunikan. Dewi menyatakan desain dengan nuansa dan model lesehan atau duduk di lantai. Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu ini lantas memberikan apresiasi bisa mencairkan suasana dalam pembahasan terkait proses pilkada di Kepri.

“Bagus model begini (lesehan). Jadi semua rata duduk sama rendah antarpengawas, masyarakat, dan media. Ini patut dicontoh oleh Bawaslu daerah lainnya,” urai Dewi.

Peresmian kantor Sentra Gakkumdu dan Pojok Pengawasan Bawaslu Tanjungpinang ini ditandai dengan pemotongan pita Dewi disaksikan Kasatreskrim dan Dandim Tanjungpinang, Ketua dan pengurus lembaga adat melayu, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Kepri, Ketua KPU Kepri, Kepala Kesbangpol, Ketua dan Anggota Bawaslu Tanjungpinang, Panwascam se-Tanjungpinang, dan media masa.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Thursday, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Monday, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Monday, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu