• English
  • Bahasa Indonesia

Peran Tokoh Agama Wujudkan Pemilu Berkualitas

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Tokoh Agama memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan Pemilu serentak 2019 pada 17 April mendatang berkualitas.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, peran penting para tokoh agama salah satunya yaitu ikut mensosialisasikan terkait hak memilih kepada masyarakat agar tidak Golput, serta terkait bahaya politik uang.

“Bawaslu sangat yakin jika para tokoh agama proaktif ikut mensosialisasikan kepada masyarakat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dan ikut mencegah terjadinya politik uang, maka Pemilu berkualitas akan tercapai,” sambung Afif ketika menjadi pembicara dalam Rapat Pleno ke-35 MUI, di Jakarta, Rabu (13//2/2019).

Menurut Afif, masyarakat sebagai pemilih harus terus diberikan pemahaman terkait teknis tahapan Pemilu, termasuk mendorong pemilih supaya menyalurkan hak pilihnya 17 April mendatang. Afif mengatakan, para tokoh agama lah yang mempunyai peran strategis menyampaikan hal tersebut ke masyarakat.

“Ini bukan berarti Bawaslu mengandalkan pihak lain. Bawaslu sebagai pengawas terus bergriliya ke tengah masyarakat untuk mensosialisasikan terkait teknis dalam tahapan Pemilu. Akan tetapi, Bawaslu mengandeng semua pihak termasuk organisasi keagamaan karena semuanya punya peran dalam mensukseskan pesta rakyat ini,” ujar dia.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu itu menyinggung masalah berita hoax terkait Tujuh Kontainer surat suara tercoblos. Ini sangat miris. Kedepan diharapkan masyarakat tidak langsung percaya berita yang belum tentu benar. Dan para tokoh agama bisa membantu Bawaslu mencerdaskan masyarakat dalam memahami sebuah informasi yang beredar.

Afif menambahkan, petuah para tokoh agama dalam menyampaikan atau menggiring masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang, dan mencerdaskan masyarakat dalam mencerna informasi yang belum tentu ada kebenarannya akan ditanggap dan didengar. “Kalau sudah para Kiyai, para tokoh agama lainnya yang bicara pasti didengar oleh jama’ah. Mungkin kebalikannya jika Bawaslu yang bicara,” lanjut mantan Koordinator Nasional JPPR itu.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu