• English
  • Bahasa Indonesia

Penyelenggara Mesti Jaga Kepercayaan Publik

Makassar, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin mengatakan kepercayaan publik  terhadap penyelenggara pemilu harus dijaga. Hal tersebut guna memastikan proses pemilu ini berkualitas dan bermartabat serta menghasilkan pemimpin yang berintegritas.

Menurutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) diharapkan menjalankan tugasnya secara kredibel. Serta, sambungnya, bekerja dengan standar etika yang tinggi.

“Dengan demikian secara kelembagaan relatif terpenuhi prasyarat pemilu berintegritas.  Pemilu yang jujur adil berintegritas bermartabat pada saatnya akan menghasilkan apa yang disebut pemimpin yang baik dan bermartabat. Kalau prosesnya baik hasilnya juga akan baik, namun kalau prosesnya bermasalah hasilnya bisa bermasalah,” ujar Afif ketika menjadi pembicara pada seminar nasional di Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa, (11/12/2018).

Kalau semua prosesnya berjalan baik, kata Afif, selisih satu atau dua suara pun tidak akan dipersoalkan. Akan tetapi, apabila prosesnya berjalan dengan tidak baik, maka berapapun selisih suara akan tetap dipersoalkan.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 4 March 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
Kemendagri, Jakarta.
Waktu:
Tuesday, 26 February 2019 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 19 February 2019 - 11:00 WIB
Tempat :
RRI, Jakarta
Waktu:
Saturday, 23 February 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Waktu:
Wednesday, 20 February 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
KPU RI, Jakarta.

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat