• English
  • Bahasa Indonesia

Kunjungan ke Semarang, Abhan Pantau Situasi Pemilihan Daerah Lain Via Telepon Selular

/Ketua Bawaslu, Abhan saat melakukan kunjungan di Semarang sambil memantau perkembangan situasi via telepon selular/ Foto: Baguz Pradana
Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Dalam kunjungan ke Semarang memberikan hak pilih, Ketua Bawaslu, Abhan melakukan supervisi sekaligus melakukan koordinasi antar anggota Bawaslu tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga panitia pengawas ke bawah. 
 
Abhan melakukan patroli pengawasan pemilu di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019). Dirinya terlihat beberapa kali melakukan komunikasi via telepon selular dengan para jajaran Bawaslu tingkat daerah. 
 
"Kita monitor terus perkembangan hari ini dari menit per menit. Kita update terus situasi di lapangan," ucapnya. 
 
Dijelaskan Abhan, komunikasi yang dilakukan sudah dipetakan sebelumnya dengan para pimpinan lainnya. Misalna semalam ketika rapat pleno, dia bercerita, semua pimpinan sepakat untuk memantau daerah yang dianggap bisa menimbulkan potensi masalah. Nah bila memang ditemukan ada masalah, dia bilang, Bawaslu serta jajaran pengawas harus segera mengambil keputusan.
 
"Kalau sifatnya mendadak dan bisa diselesaikan maka bisa segera diputuskan. Mekanisme di lapangan butuh kecepatan. Tidak bisa ditunda- tunda," terangnya. 
Mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini menanyakan perkembangan proses pemungutan suara dari beberapa wilayah. Misalnya di Jawa Barat (Jabar), dari pantauannya secara umum berjalan lancar. 
 
"Jabar relatif aman. Kalau ada persoalan logistik bisa diambil dari TPS lain. Ini salah satu poin efektif menjalin komunikasi yang intens dan cepat," ujarnya. 
 
Teks : Hendi Purnawan 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu