• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Humbang Hasundutan Perketat Seleksi Pengawas

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar bersama Ketua Bawaslu Humbang Hasundutan Henri Wesley Pasaribu saat bertemu di Kantor Bawaslu Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Rabu, 21 Agustus 2019/Foto: Bhakti Satrio Wicaksono

Humbang Hasundutan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Menjelang gelaran Pilkada 2020, Bawaslu Humbang Hasundutan akan lebih selektif dalam melakukan penerimaan tenaga pengawas. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Humbang Hasundutan Hendri Wesley Pasaribu saat penghitungan suara suara ulang (PSSU) yang dilakukan di kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Rabu, (20/8/2019).

Baca juga: https://bawaslu.go.id/id/berita/fritz-apreasiasi-transparansi-hitung-ulang-di-kecamatan-dolok-sanggul 

Dia mengatakan, seleksi yang lebih ketat diperlukan untuk mendapatkan hasil lebih positif, bermartabat, dan berintegritas. "Setelah ini (PSSU), program untuk 2020 kami akan melakukan proses rekrutmen yang betul-betul memiliki integritas sesuai amanah UU agar proses pengawasan maksimal, jujur adil, dan betul-betul menjaga hak pilih masyarakat," jelasnya.

Dalam praktik kedepannya, Henri menjelaskan, beberapa kriteria yang akan menjadi pertimbangan menentukan anggota pengawas salah satunya adalah latar belakang pendidikan.

"Pertama memang kita lihat latar belakang pendidikan. Yang kedua dari pengalaman dan prestasi, apabila dia mantan panwas Ad hoc yang bersedia untuk ikut lagi tetap kita perhatikan masalah pendidikan dan integritasnya dan juga prestasi yang dia lakukan selama menjadi pengawas Ad hoc," terangnya.

Baca juga: Kendala Gakkumdu, Dewi Harap Konsep Ideal Hadapi Pilkada 2020 

Selain penyeleksian anggota pengawas, Henri menambahkan, akan melakukan sosialisasi terkait peraturan-peraturan dalam pengawasan pemilu kepada seluruh masyarakat. "Nantinya, semua orang bisa mengawasi seperti tagline Bawaslu dulu 'sejuta pengawas'. Artinya nanti kita akan galakkan untuk semua masyarakat terlibat dalam melakukan pengawasan," pungkasnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Bhakti Satrio Wicaksono

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu