• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Kampanye Rapat Umum, Bawaslu Gelar Rakernis

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Persiapan Pengawasan Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019 di Jakarta, Jumat (8/2/2019) hingga Minggu (10/2/2019).

Rakernis yang melibatkan Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia ini untuk mematangkan persiapan pengawasan kampanye rapat umum yang akan dimulai pada 24 Maret mendatang.

Koordinator Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI Mochammad Afifuddin meminta kepada seluruh jajaran Bawaslu provinsi untuk tetap dalam satu komando, tetap satu pemahaman dalam aturan dan teknis pengawasan lainnya.

Jangan sampai, lanjut Afif, di bawah naungan peraturan yang sama, akan tetap dalam memperaktekan dilapangan antar daerah satu dengan yang lainnya berbeda, ini jangan sampai terjadi.

Selain itu, menurut Afif, jika dianalogikan dalam sebuah pertandingan sepak bola, pemungutan suara merupakan final, dan kampanye rapat umum semifinalnya. Tentunya dalam sebuah semifinal ini apapun bisa dilakukan untuk sampai dipuncak, termasuk melakukan berbagai jenis pelanggaran.
Untuk itu, Afif menegaskan pengawas Pemilu harus siap mengawal tahapan kampanye rapat umum. Ini tinggal beberapa minggu kedepan kampanye rapat umum, kita harus sudah siap.

Sementara Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengatakan pengawas Pemilu harus solid dalam melakukan pengawasan. Menurut dia, kesolidan pengawas akan menghasilkan Pemilu yang baik.

“Saya rasa dalam mengawal Pemilu serentak 2019 ini pengawas harus tetap harus solid, solid hingga ketingkat paling bawah,”ungkap dia.

Menurut Anggota DKPP RI Alfitra Salamm, pengawas Pemilu harus lebih berani mengambil tindakan. Pengawas Pemilu harus lebih cerdas dari peserta Pemilu.

Dalam menghadapi kampanye rapat umum, Alfitra mengatakan, Bawaslu harus bisa mengantisipasi kenakalan-kenakalan yang akan dilakukan peserta Pemilu. Ia juga menyarankan Bawaslu membuat sebuah instrumen supaya peserta takut untuk melakukan pelanggaran.

“Pada kesempatan ini, atas nama DKPP menyarankan Bawaslu membuat instrumen kepada peserta Pemilu supaya peserta Pemilu takut melakukan pelanggaran Pemilu,”sambung Alfitra.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu