• English
  • Bahasa Indonesia

Jajaran Pengawas di Lampung Proses 50 Kasus Netralitas ASN

Lampung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, di tahun 2018 ini, Bawaslu Lampung maupun Panwas 15 kabupaten/kota sudah menangani sekitar 50 kasus terkait netralitas ASN, baik di Pilgub Lampung maupun di Pilbup Lampung Utara dan Tanggamus.

"Netralitas ASN ini masih menjadi isu paling krusial jelang Pilkada di Lampung 27 Juni mendatang," ujar Fatikhatul saat menyampaikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Pilkada Lampung 2018 dengan para Stakeholders, di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Selasa (5/6/2018).

Fatikhatul mengatakan, netralitas ASN di Lampung cukup menjadi sorotan pihaknya di setiap ajang pemilihan kepala daerah.
“Bawaslu mengharapkan betul kepala daerah maupun pejabat di Pemda 15 kabupaten/kota untuk bisa mengingatkan jajarannya agar tidak memihak ke salah satu calon maupun terlibat dalam politik praktis. Hal ini untuk menjaga jalannya Pilkada yang beradab, dan netral,” jelasnya.

Selain ASN, dirinya juga meminta kepada seluruh kepala desa untuk netral dan tidak ikut memenangkan salah satu pasangan calon. Hal ini, menurut dia akan ikut menciderai proses Pilkada di Lampung. “Saya harap bukan hanya ASN yang tidak boleh memihak, tapi juga para kepala desa harus bersikap netral,” katanya.

Ketidaknetralan kepala pekon dengan memihak terhadap calon tertentu terjadi di kabupaten Tanggamus ketika kepala pekon tersebut berani mencopot dan merusak alat peraga kampanye salah satu paslon. Demi menjaga proses Pilkada yang demokratis di Lampung, Khoir tidak ingin kasus seperti yang terjadi di Tanggamus kembali terjadi di tempat lain.

“Bawaslu Lampung tidak ingin kasus Tanggamus terulang, oleh karenanya saya harap kepala desa/pekon, lurah dan setara lainnya untuk dapat bersikap netral, ini demi kebaikan dan kelancaran proses Pilkada di Lampung,” ucapnya.

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu