• English
  • Bahasa Indonesia

Inilah Peran Penting Tokoh Agama dalam Menyukseskan Pemilu

Bali, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin menyatakan, tokoh agama menjadi pilar penting dalam melawan politisasi SARA dan politik uang. Sebagai salah satu komponen penting dalam masyarakat, Afif berharap tokoh agama turut berperan aktif dalam pesta demokrasi ini, sehingga agama tidak dijadikan kendaraan politik untuk meraih sukses Pemilu 2019. Hal itu disampaikan dalam pertemuan persidangan GPIB 2019 sinonde tahunan, di Bali, Sabtu (2/3/2019).

“Kita mengajak semua agama yang ada di Indonesia untuk mendukung demokrasi, melihat isu-isu pemilu, termasuk politik uang, politisasi SARA dan pemilihan pemimpin yang baik,” ujar Afif.

Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan secara serentak pada 17 April mendatang merupakan pemilu yang kompleks karena terdapat 5 kotak suara yang harus diisi oleh pemilih. Pemilu 2019 merupakan pemilu pertama yang secara serentak akan memilih capres dan cawapres, anggota DPR RI, anggota DPD, dan anggota DPRD kabupaten/kota.

Afif berharap tokoh agama dapat mendorong jamaah dan anggotanya untuk menyalurkan hak pilihnya dengan baik pada pemilu serentak 2019.

Penulis dan foto : Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu