• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Harap Masyarakat Sulut Berperan Aktif Kawal Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar (dua kiri) memberikan arahan dalam Sosialisasi Produk Hukum Pengawasan Pilkada di Sulut Tahun 2020, Selasa (18/02/2020). Foto : Humas Bawaslu RI

Minahasa Utara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar berharap, masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) dapat berperan aktif dalam mengawal proses Pilkada di Sulut Tahun 2020. Fritz meyakini, peran aktif masyarakat Sulut akan menghasilkan proses demokratisasi yang baik.

“Peran masyarakat tetap paling depan. Dan pada dasarnya pun Pilkada nanti bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu. Masyarakat bisa ambil peran disitu,” ungkapnya di Minahasa Utara dalam Sosialisasi Produk Hukum Pengawasan Pilkada di Sulut Tahun 2020, Selasa (18/02/2020).

Anggota Bawaslu asal Medan ini menguraikan, peran masyarakat Sulut dalam menyukseskan Pilkada 2020 salah satunya ikut serta mencegah terjadinya praktik politik uang. Kemudian masyarakat tidak terprovokasi jika ada informasi yang belum diketahui kebenarannya, serta mau menjadi pelapor jika menemukan pelanggaran dalam proses Pilkada nanti.

“Apabila ada politik uang mampu menolaknya. Jika ada pelanggaran mau untuk melaporkannya,” tambah Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu ini.

Produk hukum pengawasan Pilkada yang digagas Bawaslu Sulut ini disosialisasikan kepada unsur OKP, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, dan media masa. Fritz mengharapkan stakeholder di Sulut dapat memahami aturan hukum dan regulasi Pilkada.

“Bawaslu inginnya semua pihak memahami produk hukum, terutama produk hukum pengawasan Pilkada,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Sulut akan melaksanakan pemilihan gubernur/wakil gubernur, dan empat pemilihan bupati/Wakil bupati yang meliputi kabupaten Boltim, Bolsel, Minut dan Minsel. Serta tiga pemilihan walikota/wakil walikota yang didalamnya terdiri atas kota Manado, Bitung dan Tomohon.

Fotografer : Irwan
Editor : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu