• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Ajak Mahasiswa Awasi Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat menjadi pembicara Sosialisasi Hasil Pengawasan Pemilu 2019 dan Persiapan Pengawasan Pilkada 2020 di Kampus Universitas Katolik St. Thomas Sumatra Utara, Rabu 18 Desember 2019/Foto: Robi Ardianto

Medan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengajak mahasiswa ikut mengawasi proses Pilkada Serentak 2020.

"Teman-teman mahasiswa bisa menjadi ujung tombak pengawasan itu sendiri. Pada tahun 2020 ada sekitar 270 daerah yang akan melakukan pemilihan kepala daerah," katanya saat menjadi pembicara Sosialisasi Hasil Pengawasan Pemilu 2019 dan Persiapan Pengawasan Pilkada 2020 di Kampus Universitas Katolik St. Thomas Sumatra Utara, Rabu (18/12/2019).

Fritz mengatakan, mahasiswa bisa melakukan pemantauan misalnya saat masa kampanye dan menemukan ada yang membagikan sembako atau uang bisa difoto dan membuat laporan ke Bawaslu.

"Pilihannya ada tiga. Pertama bisa diabaikan. Kedua, kalau melihat politik uang, foto, dan 'upload' lalu marah-marah di media sosial, tetapi itu tidak berpengaruh apa pun. Ketiga, dilaporkan ke Bawaslu. Itu bisa menjadi dasar bagi Bawaslu untuk menindaklanjutinya," ujarnya.

Fritz menambahkan, berkaca Pilkada 2018 yang dilaksanakan di 171 daerah yang ikut serta, Bawaslu menemukan 1792 pelanggaran yang tersebar di 8751 TPS. "Ada juga 40 pelanggaran KPPS karena mengarahkan pilihan pemilih dan 98 pelangaran pendamping tidak menandatangani surat suara dan banyak lagi," tunjuk dia.

Fritz juga menegaskan pemilihan tidak sekadar datang ke TPS lalu mencoblos. "Pemilihan bukan sekadar datang ke TPS, mencoblos dan pulang. Proses pemilihan adalah proses kita  belajar berpolitik dan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," ucap Fritz.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Thursday, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Monday, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Monday, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu