• English
  • Bahasa Indonesia

Dewi: Pengawasan Pemilu Bagian Penegakan Kedaulatan Rakyat

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi pembicara Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Angkatan Kedua, Senin (7/10/2019) di Bogor, Jawa Barat/Foto: Nurisman

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan, makna pemilu hakikinya adalah pengawasan oleh rakyat yang kemudian meletakkan kewenangannya kepada lembaga formal, yakni Bawaslu.

"Kita seluruhnya punya kewajiban mengawasi pemilu karena sejatinya pemilu adalah bagian penting dari penegakkan kedaulatan rakyat. Maka kita harus secara serta merta turun melakukan pengawasan. Itu muncul sebagai kesadaran," ujar Dewi saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Angkatan Kedua, Senin (7/10/2019) di Bogor, Jawa Barat.

Dewi menuturkan, hanya melalui pemilu terjadi pergantian kekuasaan. Sehingga kalau pemilu berjalan baik maka akan lahir pemimpin yang baik pula.

"Kunci dari semua itu adalah masyarakat menyakini penyelenggara pemilu adalah orang-orang yang jujur. Contohnya Finlandia, mereka menyakini aparat penyelenggara negara bekerja secara jujur dan dapat dipercaya," terangnya.

Dewi beranggapan, peserta sekolah kader pengawasan partisipatif ini harus mampu mengambil hikmah kata jujur sebagai sprit dalam kontestasi melakukan pengawasan partisipatif pemilu nanti. "Untuk itu tidak hanya diam, tetapi presentasikan apa-apa yang sudah didapat selama dua pekan ini. Itu adalah komitmen moral yang harus dipertahankan dalam menegakkan kedaulatan rakyat," isinya.

Dewi pun myakinkan, kerja-kerja pengawasan dan menjadi mitra Bawaslu sebagai hal yang menyenangkan. Sejauh ini, 100 orang mengikuti sekolah kader pengawasan partisipatif tahun ini, dari total.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Friday, 22 November 2019 WIB
To event remaining 30 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Thursday, 21 November 2019 WIB
To event remaining 29 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Wednesday, 20 November 2019 WIB
To event remaining 28 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 15 October 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Thursday, 14 November 2019 WIB
To event remaining 22 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu