• English
  • Bahasa Indonesia

Besok, Bawaslu Serahkan Santunan Serentak di Seluruh Indonesia

Pimpinan Bawaslu usai mengunjungi rumah seorang Pengawas PTS yang gugur, Muhammad Napis,di Jalan Haji Maun, Gang Swadaya, RT 007/RW 03 Kelurahan Duren Tiga, Pancoran Jakarta Selatan, Senin 30 April 2019/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan, santunan berupa uang dan piagam penghargaan sudah siap dibagikan kepada seluruh pengawas Pemilu 2019. Bawaslu secara simbolis akan mengundang beberapa perwakilan pengawas yang menerima santunan, besok Kamis (2/5/2019) di Jakarta.

"Alhamdulilah anggaran sudah disetujui oleh Kemenkeu (Kementerian Keuangan). Sekarang proses penyerahan santunan bisa segera dimulai," kata Abhan usai menyambangi rumah salah satu pengawas yang wafat di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2019).

Mantan ketua Bawaslu provinsi Jawa Tengah ini menambahkan, penyerahan santunan bakal dilakukan serentak oleh seluruh jajaran Bawaslu se-Indonesia. Menurutnya, santunan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada para pejuang demokrasi yang telah berjuang maksimal demi menjamin pesta demokrasi berjalan dengan baik dan lancar.

"Semoga kejadian meninggalnya penyelenggara pemilu menjadi yang terakhir. Kedepannya jangan sampai terulang lagi," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, Hotma Marbun menerangkan, santunan juga diberikan kepada pengawas yang sedang mendapat perawatan maupun yang tidak menginap di rumah sakit. Hanya saja menurutnya, sementara ini santunan hanya bisa langsung diterima oleh keluarga korban yang tutup usia. Sedangkan pengawas yang masih menjalani perawat di rumah sakit maupun berobat jalan nantinya akan mendapat santunan secara bergiliran lantaran harus melengkapi proses administrasi terlebih dahulu.

"Contohnya seperti surat keterangan dari dokter maupun rumah sakit. Kami akan cek satu per satu. Setelah lengkap santunan segera diberikan," ungkapnya.

Hotma menyatakan, proses tersebut tentunya membutuhkan waktu sehingga seluruh pengawas yang masih sakit untuk bersabar.

“Kita (Bawaslu) berjanji akan secepatnya menyelesaikan proses adsministrasi tersebut,” tutupnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu