• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Temukan Banyak Pemilih DPTb Tidak Terlayani di Palu

Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo sedang melakukan pemantauan quick qount di Kantor KPU Provinsi Sulteng/Foto: Jaka

Palu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengeluhkan soal banyaknya pemilih berstatus Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) yang tidak terlayani dalam menggunakan hak pilihnya. Hal ini lantaran temuan lapangan saat dirinya melakukan kunjungan langsung di Kota Palu

Berdasarkan laporan jajaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dari beberapa tempat, terutama untuk kategori pemilih yang sedang sakit sehingga dalam perawatan di rumah sakit (RS) ternyata tidak bisa terlayani menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

Semisal di RS Woodward, Kota Palu, ada ratusan pemilih yang sudah melapor ke petugas KPPS untuk mengurus DPTb, namun hingga hari H pemungutan suara, Rabu (17/4/2019) tidak ada satupun petugas KPPS yang datang.

"Nah itu dia petugas KPPS ketika hari H Pemilu tidak ada yang datang padahal sudah lapor petugas KPPS," ujar Ratna Dewi Pettalolo di Kantor KPU Provinsi Sulteng, sore tadi.

Atas fakta tersebut, Ratna beserta rombongan dari Bawaslu Provinsi Sulteng mendatangi kantor KPU Provinsi Sulteng. Namun KPU setempat berdalih untuk pemilih DPTb yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada hari H, belum mengajukan laporan kepada petugas KPPS.

Anggota KPU Provinsi Sulteng, Naharudin menegaskan, dalam Pasal 93 PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Dalam Pemilu, calon pemilih berstatus DPTb diberi waktu untuk melapor kepada petugas minimal 7 hari sebelum hari H pemungutan suara.

Namun setelah 7 hari namun calon pemilih berstatus DPTb itu tidak juga melapor, maka pemilih sendiri yang harus aktif untuk melaporkan statusnya itu. Namun syaratnya nama yang bersangkutan harus terlebih dahulu terdaftar dalam DPT di mana ia mendaftar sebagai DPTb.

"Jadi kalau H-7 pemilih tidak datang, maka KPU tidak lagi jemput bola," katanya.

Penulis : Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu