• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Prediksi Rekapitulasi Suara Luar Negeri Tak Tepat Waktu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat berbincang dengan Ketua Bawaslu saat rekapitulasi suara luar negeri di kantor KPU, Jakarta, Selasa 7 Mei 2019/Foto: Jaa Pradana

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu RI Abhan memprediksi, rekapitulasi suara luar negeri tidak akan selesai tepat waktu sesuai target, selesai Rabu (8/5/2019). Alasannya, masih ada beberapa wilayah, termasuk Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur yang belum selesai penghitungan suaranya.

Abhan mengungkqpkan dugaan tersebut, usai menghadiri rapat rekapitulasi suara luar negeri di KPU RI, bersama Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar. Menurutnya, proses rekapitulasi luar negeri bakal tambah waktu karena selama tiga hari proses rekapitulasi belum setengah dari 130 PPLN selesai.

"Mungkin rekapitulasi suara luar negeri besok (8 Mei) belum akan selesai karena masih banyak PPLN belum selesai," kata Abhan, di ruang rapat KPU, lantai 2, Jakarta.

Di hari ketiga proses rekapitulasi suara luar negeri itu, Abhan mengungkapkan, tidak ada dinamika terjadi. Sebab, jika ada kesalahan entry data sekecil apapun dari PPLN, Bawaslu langsung meminta untuk segera diperbaiki.

"Alhamdulillah lancar, tidak ada dinamika berarti, karena jika ada kekuarangan, bisa segera diperbaiki," ucap lelaki asal Pekalongan itu.

Hal senada disampaikan anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar. Ia menyatakan, rapat pada hari ini tidak terlalu banyak dihujani interupsi dari pihak pengawas Pemilu. Pasalnya, wilayah PPLN yang melaporkan data adalah negara-negara kecil, semisal PPLN di wilayah itu memasukkan data secara manual. Sehingga ketika ditemukan persoalan salah entry, bisa segera diperbaiki.

"Ya kan kita semua mengetahui, banyak negara kecil yang DPT-nya tidak banyak. Jadi pada saat diperiksa, tidak ada persoalan terjadi," pungkasnya.

Editor: Ranap Tumpal HS
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu